Festival Sungai Siak kembali digelar, ada lomba mancing hingga sampan hias

id Festival Sungai Siak, lomba memancung Siak, lomba sampan hias

Festival Sungai Siak kembali digelar, ada lomba mancing hingga sampan hias

Festival Sungai Siak pada tahun lalu dengan panggung kesenian di atas Kapal Ferry. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kembali menggelar Festival Sungai Siak

yang difokuskan pada kawasan tepian Sungai Siak dengan kegiatan kesenian, pameran, lomba sampan hias serta memancing pada 20-23 Juni 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, Selasa mengatakan ini merupakan edisi kedua yang digelar Dispar.Festival Sungai Siak 2024 kali ini akan dikemas lebih baik dari tahun sebelumnya dengan perbedaan ajang pendukungnya.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Siak ke-25 pada Oktober nanti. Upacara pembukaan tetap seperti tahun lalu dilakukan di pinggir Sungai Siak menggunakan panggung di atas kapal ferry yang terapung di atas sungai," kata Tekad.

Pertunjukan seni budaya, lomba memancing dan lomba sampan hias kembali dibuat seperti sebelumnya. Bedanya tahun ini akan ada lomba memasak, lomba mewarnai, lomba fotografi, seminar dan pameran, serta bazar kuliner dan Susur Sungai Siak.

Tekad juga mengatakan, pihaknya juga telah mengundang kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang dilewati sungai-sungai besar. Seperti Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, dan lain-lain

Hal itu dilakukan karena ajang ini untuk sarana edukasi bagi masyarakat dalam rangka melestarikan Sungai Siak agar tetap bersih dan mengembalikan fungsi sungai sebagai salah satu sumber kehidupan.

"Kita juga berharap meningkatnya kualitas ajang ini mampu menarik wisatawan berkunjung ke Kota Siak. Sehingga dampak kegiatan secara ekonomi dapat dinikmati langsung oleh masyarakat," ujarnya.

Selain Festival Sungai Siak, tahun ini Dinas Pariwisata Siak juga akan menggelar beberapa ajang skala nasional dan internasional. Di antaranya seperti Tour de Siak dan Siak Serindit Boat Race.