PT Pindad catat kontrak pekerjaan tahun 2024 sebesar Rp25,8 triliun

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Pindad

PT Pindad catat kontrak pekerjaan tahun 2024 sebesar Rp25,8 triliun

Arsip: Suasana gerbang PT Pindad (Persero) di Bandung, Rabu (19/9/2023) (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - PT Pindad mencatat kontrak pekerjaan untuk pesanan alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan manufaktur sepanjang tahun 2024 ini, mencapai Rp25,8 triliun.

"Kontrak tersebut bertumbuh 24,7 persen dari tahun sebelumnya, sementara angka penjualan mampu meningkat hingga mencapai nilai Rp7,98 triliun," kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dalam HUT PT Pindad ke-41 di Bandung, Senin.

Abraham mengatakan nilai tersebut merupakan nilai yang mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, yang menunjukkan bahwa kemandirian industri pertahanan dalam negeri yang senantiasa meningkat melalui kontribusi pihaknya dalam menyediakan alutsista.

"Saya mewakili BOD sangat mengapresiasi komitmen Pindad beserta anak perusahaan dan afiliasinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, mendorong ekspor, serta menyerap tenaga kerja melalui inovasi seperti tank Harimau, kendaraan taktis Maung, panser Anoa, Ranpur Badak, senjata amfibi dan lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan penjualan produk Pindad terus meningkat, baik permintaan dari dalam negeri yakni kebutuhan Kementerian Pertahanan, atau luar negeri seperti amunisi dan persenjataan.

"Kami juga telah melakukan pembicaraan-pembicaraan bisnis dengan sebagian negara Asia kemudian di Timur Tengah untuk senjata, kemudian kendaraan tempur, dan untuk amunisi sampai saat ini kita sudah melakukan ekspor ke Amerika Serikat," katanya.
Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose memberikan keterangan selepas puncak peringatan HUT PT Pindad ke-41 di Bandung, Senin (29/4/2024). (ANTARA/Ricky Prayoga)


Sektor industrial melalui bisnis alat berat telah mendistribusikan lebih dari 700 ekskavator dalam kurun waktu kurang lebih enam tahun, yang menjadi pencapaian tersendiri sebagai pemain baru di sektor tersebut.

"Prestasi anak perusahaan dan afiliasi juga ditunjukkan melalui peningkatan revenue sebesar 13 persen, kenaikan laba 28 persen, angka Rp8,77 miliar. PT PEI juga telah menunjukkan keunggulan dengan melakukan sinergi dengan PT KAI," katanya.

Dia mengatakan pada tahun 2024 ini PT PIL telah berhasil mendapatkan kontrak strategis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait pengembangan akses multimoda distribusi hasil perikanan dalam mendukung peningkatan ekspor dan akan berjalan tahun pertama di Biak.

Pada bulan Mei 2024, PT PIL juga telah berhasil mendapatkan kontrak dari PT Asia Petracom untuk pemindahan rate sebanyak delapan titik yang akan mulai berjalan di bulan Juni 2024.

Sementara, di anak perusahaan Pindad Medical Utama, pendapatan meningkat 22 persen atau sebesar Rp201 miliar, diiringi peningkatan laba bersih 20 persen.

"Hal ini selaras dengan inovasi yang dilakukan, yaitu penambahan fasilitas 50 ruang rawat inap di RS Turen dan Bandung. Serta penambahan gedung hemodialisa di RS Pindad dan Turen, CT Scan 64 Slice di RS Turen," tuturnya.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut pemindahan PT Pindad dilakukan bertahap

Baca juga: Pindad jajaki ekspor Tank Harimau ke beberapa negara di Asia