Pemkab Kampar Surati Perusahaan Siapkan Alat Penanggulangan Karhutla

id pemkab kampar, surati perusahaan, siapkan alat, penanggulangan karhutla

Pemkab Kampar Surati Perusahaan Siapkan Alat Penanggulangan Karhutla

Bangkinang Kota, (Antarariau.com) - Sekkab Kampar Zulfan Hamid meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar menerbitkan surat berisikan laporan ketersedian tenaga dan alat penanggulangan bencana, seperti kebakaran lahan untuk seluruh perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah itu.

Dalam penanggulangan terjadinya bencana memerlukan persiapan yang matang, "Diperlukan persiapan dan kesiapan semua kita untuk mengantisipasi bencana di Kabupaten Kampar termasuk pihak perusahaan yang akan memperluas lahan usahanya," kata Zulfan pada acara Rakornis bencana kabut dan asap di ruang rapat lantai III Kantor Bupati (6/5).

"Seluruh perusahaan perkebunan harus memiliki komitmen menjaga keamanan lingkungan dan penanggulangan bencana, ini diperlukan, agar kita mengetahui seberapa serius perusahaan-perusahaan itu yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kampar untuk mengantisipasi segala bencana," ujar Zulfan

Ia meminta kepada BPBD dan pihak Polres serta Kodim untuk mengoperasikan posko-posko selama 24 jam khususnya di wilayah yang telah terjadi bencana kebakaran dan kabut asap.

Penanggulangan bencana, bukan hanya kabut yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan saja, tetapi untuk semua bencana alam, seperti banjir, kemarau, longsor, maka perlu mempersiapkan lebih baik lagi, buatlah perencanaan penanggulangan semua ini mulai dari desa hingga kecamatan.

Ali Jabar, Kepala BPBD, menyampaikan "BPBD telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di desa-desa, dan masyarakat desa sendiri sudah memahami bahwa kebakaran lahan dan hutan adalah tanggungjawab bersama," ujarnya.

BPBD mengharapkan kepada pemda memberikan bantuan berupa mesin pompa air untuk masing-masing desa dan ia menghimbau terjalinya kerjasama dengan pihak-pihak berwenang seperti Polsek selalu memberikan informasi begitupun camat setempat.

Selama kabut asap yang melanda Kabupaten Kampar BPBD bersama aparat terkait telah mendirikan posko penanggulangan Karhutla di setiap kecamatan dan desa terdapat hotspot. (Adv)