Kampar targetkan pencapaian PIN Polio 95 persen

id Pin,Pin polio, pemkab kampar

Kampar targetkan pencapaian PIN Polio 95 persen

Penjabat Bupati Kampar Hambali teteskan PIN Polio. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kampar menargetkan sasaran pencapaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dapat tercapai dengan target 95 persen.

“Ada 106.081anak usia 0 sampai 8 tahun di Kabupaten Kampar yang menjadi sasaran sub PIN Polio, kita targetkan sekurang-kurangnya 95 persen merata," kata Penjabat Bupati Kampar Hambali saat pencanangan PIN di Puskesmas Desa Sipungguk Kecamatan Salo, Selasa.

Hal ini dilaksanakan setelah adanya penemuan kasus lumpuh layu dan untuk menanggulangi KLB (Kejadian Luar Biasa) Polio.

Dia berharap kepada semua sektor, dapat bekerja sama berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten Kampar.

"Dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintah dan segenap lapisan masyarakat sangat diperlukan agar cukupan pelaksanaan PIN Polio di Kabupaten Kampar mencapai 95 persen," ujarnya.

Hadir dalam acara itu Pj Ketua TP-PKK Ricana Hambali dan Kadis Kesehatan Asmara Fitrah, Kadispora M Aidil, Kaban Kesbangpol Drs Mahadi, Plt. Direktur RSUD Bangkinang Delfan, Plt Camat Salo Tengku Said, Forkopimda.

Dia menjelaskan bahwa pada imunisasi pencegahan penyakit polio pada anak ini dilakukan secara gratis di seluruh Indonesia, dengan Tema “Lindungi Anak-Anak 0 sampai 7 Tahun dengan 2 Kali Pemberian tetes Manis Polio.

Polio merupakan penyakit yang sangat menular dan tidak dapat disembuhkan namun bisa dicegah dengan imunisasi.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pihak untuk mensukseskan pelaksanaan PIN Polio, demi menyelamatkan generasi-generasi emas penerus bangsa

Kepala Dinas Kesehatan Kampar Asmara Fitra berharap masyarakat untuk mengantarkan anak nya kepada petugas untuk melakukan tetes manis supaya mencegah penyakit polio sehingga anak di Kabupaten Kampar bebas dari polio .

“Besar harapan kami terutama dinas kesehatan untuk bersama dan berani serta berusaha untuk mencapai 95 persen dan tidak ada yang kena di kabupaten Kampar penyakit KLB ini.

Sasaran di Kecamatan Salo 3.167 anak. Umur 0-7 tahun dan nanti ada putaran kedua pada6-18 Agustus 2024," tutupnya.