Helikopter buatan China tuntaskan uji coba penerbangan cuaca dingin pertama

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, helikopter

Helikopter buatan China tuntaskan uji coba penerbangan cuaca dingin pertama

Foto yang diambil pada 9 Januari 2024 ini menunjukkan helikopter sipil besar AC313A yang dikembangkan secara independen Tiongkok sedang menjalani uji penerbangan cuaca dingin di Mohe, Provinsi Heilongjiang, Tiongkok timur laut. (Perusahaan Industri Penerbangan China/Handout melalui Xinhua)

Beijing (ANTARA) - Helikopter sipil berukuran besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China, AC313A, menuntaskan uji coba penerbangan cuaca dingin putaran pertamanya, ungkap Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Helikopter AC313A baru-baru ini mengadakan dan menyelesaikan misi uji coba penerbangan cuaca dingin pertamanya di sebuah bandara di Mohe, kota paling utara di China, kata AVIC, produsen pesawat terkemuka di negara itu.

Selama putaran uji coba penerbangan ini, helikopter besar itu melakukan beberapa kali uji terbang untuk memverifikasi kinerja penerbangannya dalam gerakan mengambang di udara (hovering), terbang naik (climbing), terbang mendatar (level flight), dan manuver penerbangan lainnya, serta kinerja sistem dan mesin-mesin utamanya di lingkungan dingin, papar pihak pengembang.

AC313A, varian terbaru dari seri helikopter AC313, merupakan kendaraan udara berukuran besar yang secara khusus dikembangkan untuk misi-misi penyelamatan udara darurat di segala medan dan segala cuaca.

Setelah uji coba penerbangan cuaca dingin putaran pertama tersebut, AVIC akan mengerahkan dua helikopter AC313A untuk menjalani proses sertifikasi kelaikan terbang model helikopter baru ini secara komprehensif, yang akan membuka jalan bagi operasi komersial di masa mendatang, kata AVIC.

Baca juga: Mantan Presiden Chile Sebastian Pinera dilaporkan tewas dalam insiden helikopter

Baca juga: Helikopter sipil berukuran besar China berhasil rampungkan uji terbang perdana