Pakar gestur lihat Gibran tampilkan gaya "menyerang"

id debat cawapres,debat keempat,gibran,gibran rakabuming raka,gestur cawapres,debat pilpres 2024,pilpres 2024

Pakar gestur lihat Gibran tampilkan gaya "menyerang"

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom)

Jakarta (ANTARA) - Pakar gestur dan mikro ekspresi jebolan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Monica Kumalasari menyampaikan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kerap menampilkan gestur dan ekspresi “menyerang” saat debat keempat.

“Dari 02 kali ini berbeda dengan tampilan sebelumnya yang sudah mendapatkan sentimen positif dari masyarakat, kali ini justru menampilkan ekspresi-ekspresi menyerang yang tidak perlu,” kata Monica saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Saat debat keempat, yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1),Monica menyebut Gibran beberapa kali menyentil Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), seperti pada saat membahas Cak Imin yang membaca catatan, hingga memperagakan gerakan pantomim saat menganggap tidak menemukan jawaban dari Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Menurut Monica, hal tersebut justru menimbulkan kesan dan sentimen negatif, bahkan menghilangkan citra santun yang dimiliki Gibran. Gestur tersebut juga disayangkan, mengingat sentimen yang terbangun dari debat cawapres perdana Gibran sudah cukup impresif dan di luar ekspektasi publik.

“Nah ini banyak hal-hal yang tidak perlu, dan tidak mendukung secara substansi yang disampaikan, sentimennya sangat negatif. Ini justru mengherankankarena pada penampilan debat perdananya sudah cukup baik, tetapi, kali ini justru malah menyerang (nomor urut) 1 dan 2, membuat kesantunannya hilang untuk merespon kepada yang lebih senior,” demikian Monica menjelaskan.