Debat cawapres ditiadakan, Cak Imin ikuti keputusan KPU

id Muhaimin Iskandar ,Pemilu 2024,Cak Imin

Debat cawapres ditiadakan, Cak Imin ikuti keputusan KPU

Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar saat diwawancarai awak media usai memberikan kuliah umum di UMRI di Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan akan mengikuti keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait ditiadakannya debat cawapres untuk Pemilu 2024.

"Pokoknya kita ikuti saja apa maunya KPU. Yang penting KPU harus fair, terbuka dan demokratis," ungkapnya kepada awak media.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengaku menghormati keputusan KPU. Terkait yang diuntungkan dalam hal ini, ia menilai dimanapun peluang harus dimanfaatkan oleh siapapun.

Saat disinggung terkait kepercayaan diri Prabowo memenangkan pemilihan presiden (pilpres) jika sudah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo, ia berharap sebagai pimpinan tertinggi, Jokow tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon.

"Itu lah yang sejak awal saya sampaikan pada pak presiden, mohon berdiri di atas semua kekuatan. Dan hal itu sudah disinggung beliau, Presiden tidak ikut membantu salah satu. Saya berharap presiden tetap istikomah," lanjut Cak Imin yang juga Ketua Umum DPP PKB.

Menurutnya, komitmen Jokowi untuk tidak memihak salah satu calon telah ditunjukkan saat mengundang ketiga kandidat calon presiden makan siang di Istana Negara.

"Kita berharap terus dan saya yakin Pak Jokowi akan menunjukkan kenegarawanannya sebagai pimpinan tertinggi negeri ini agar tidak berpihak kepada salah satu kandidat," pungkas Muhaimin.