Muhaimin Iskandar sebut petani harus dilibatkan dalam pengambilan kebijakan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Muhaimiin

Muhaimin Iskandar sebut petani harus dilibatkan dalam pengambilan kebijakan

Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar usai menghadiri Peresmian Markas KAM1 di Tangerang, Banten, Rabu (27/12/2023). ANTARA/HO-Timnas AMIN

Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, mengatakan, para petani harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan pemerintah, khususnya dalam kebijakan yang menyangkut sektor pertanian.

Menurutnya petani perlu didengar masukan-masukannya guna menghindari kebijakan yang tidak efektif di tingkat bawah. Terlebih lagi menurutnya pengelolaan anggaran saat ini terlalu tersentralistik di tingkat pusat.

"Petani ini harus didengar masukannya, sehingga tidak ada lagi beli alat pertanian yang tidak terpakai di bawah, banyak sekali terjadi," kata Muhaimin dalam agenda kampanye pertemuan dengan petani di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dia mengatakan tantangan pada sektor pertanian di berbagai daerah di Indonesia relatif sama. Sehingga menurutnya pemerintah perlu menyiapkan inovasi untuk mencari alternatif solusi untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Permasalahan yang terjadi, kata dia, di antaranya soal kelangkaan pupuk, harga pokok produksi pertanian yang tidak stabil di pasaran hingga cenderung merugikan petani. Di sisi lain, menurutnya kebutuhan pangan di Indonesia sangat besar.

Dengan mendengarkan aspirasi dari petani, menurutnya pemerintah bisa memprioritaskan permasalahan petani dan memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda berdasarkan kondisi nyata di lapangan.

"Di situ lah keberanian pemerintah untuk lebih memprioritaskan kondisi lokal masing-masing petani," kata dia.

Dia juga mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk bisa membuat para petani kembali semangat dalam bertani. Jika terpilih, dia pun berjanji akan memprioritaskan penyelesaian masalah petani dan pangan.

Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Kalau AMIN menang, Muhaimin Iskandar sebut kebutuhan pangan akan aman

Baca juga: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar masih berkampanye di Jatim secara terpisah