BPD Sumbar dipercaya untuk salurkan KUR sebesar Rp2 triliun pada 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita Riau antara,KUR

BPD Sumbar dipercaya untuk salurkan KUR sebesar Rp2 triliun pada 2024

Bank Nagari. (ANTARA/HO-Bank Nagari)

Padang (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat Bank Nagari dipercaya untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2024 sebesar Rp2 triliun yang telah dapat diakses debitur sejak 2 Januari 2024.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad didampingi Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra di Padang, Rabu, mengatakan disetujuinya pagu KUR 2024 sebesar Rp2 triliun merupakan bentuk kepercayaan yang besar dari pemerintah pusat kepada Bank Nagari.

Irsyad berharap masyarakat dan pelaku UMKM dapat memanfaatkan KUR untuk menunjang kebutuhan modal kerja maupun investasi guna meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada pelaku usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro kecil dan menengah sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Irsyad menjelaskan kebijakan dan regulasi KUR tahun 2024 ini relatif sama dengan tahun 2023 sehingga masyarakat dan pelaku UMKM telah dapat mengakses KUR di Bank Nagari mulai 2 Januari 2024.

Ia mengatakan pemerintah tetap mendorong pelaku usaha yang belum pernah mendapatkan akses pinjaman komersial dari perbankan untuk dimudahkan mendapatkan KUR.

Kemudian debitur yang sudah pernah dan sedang menikmati KUR sebelumnya didorong untuk naik kelas dalam rangka menyukseskan program pemerintah yaitu “UMKM Naik Kelas”.

Selain itu, pemerintah juga lebih mendorong penyaluran KUR ke sektor produktif seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, industri, konstruksi, transportasi, pergudangan, akomodasi makan minum (akmani), pariwisata dan jasa-jasa, dengan alokasi minimal 60 persen dari total alokasi KUR yang disetujui.

"Tentunya pemerintah tetap memperhatikan dan menjaga sektor andalan UMKM yaitu sektor perdagangan," katanya.

Sementara itu Direktur Kredit & Syariah Bank Nagari Gusti Candra menjelaskan pagu KUR Bank Nagari tahun 2024 sebesar Rp2 triliun tersebut terdiri atas pagu KUR konvensional sebesar Rp1,6 triliun dan pagu KUR Syariah sebesar Rp400 miliar.

Gusti berharap pagu KUR tahun 2024 ini dapat diserap oleh masyarakat secara maksimal untuk seluruh sektor ekonomi sejak awal tahun ini.

Baca juga: Pemerintah telah lakukan berbagai strategi guna mempercepat penyaluran KUR

Baca juga: Target KUR tercapai, Manajemen BRK Syariah apresiasi unit kantor miliki capaian tertinggi