TNI tanam 4.000 bibit pohon di Bengkulu jaga bumi dari perubahan iklim

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, tanam pohon

TNI tanam 4.000 bibit pohon di Bengkulu jaga bumi dari perubahan iklim

Komando Resor Militer (Korem) 041/Garuda Emas Bengkulu bersama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya menanam 4.000 pohon di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, Senin. (15/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.)

Bengkulu (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 041/Garuda Emas Bengkulu bersama pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya menanam 4.000 pohon di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu sebagai upaya menjaga bumi dari potensi pemanasan global dan perubahan iklim.

"Kita lihat sendiri Provinsi Bengkulu hujan sedikit saja langsung berakibat longsor dan sebagainya, saya sudah koordinasi dengan Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta Kepala Daerah (dalam upaya penanaman pohon mencegah bencana dan perubahan iklim)," kata Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, di Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan kegiatan penanaman 4.000 pohon tersebut bukanlah akhir, namun menjadi langkah awal berkelanjutan yang akan digelar TNI di Bengkulu.

"Ini adalah gerakan awal dalam kegiatan penanaman pohon. Kedepannya akan kaki laksanakan gerakan penanaman pohon di gunung," kata dia.

Menurut Brigjen TNI Rachmad kegiatan penanaman pohon kali ini TNI AD menanam pohon Manggrove dan Cemara untuk Wilayah Kota Bengkulu.

"Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai," kata dia.

Sedangkan fungsi ekosistem hutan Cemara menurut Brigjen TNI Rachmad sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, sebagai penyeimbang lingkungan, serta mengurangi dampak adanya pemanasan global.

Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonyah M.Si mengatakan penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian serta kecintaan bersama dalam menjaga bumi dari potensi pemanasan global dan perubahan iklim.

"Penanaman pohon ini bertujuan sebagai upaya dan bentuk kepedulian serta kecintaan bersama dalam menjaga bumi dari potensi pemanasan global dan perubahan iklim, sehingga diharapkan nantinya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Melestarikan pohon-pohon "raksasa" yang menjulang tinggi di Hutan Hujan Tropis Kahung

Baca juga: Presiden Jokowi serukan gerakan tanam pohon serentak di Indonesia bertepatan musim hujan