Ada 4 posko mudik libur akhir tahun di Pekanbaru

id Dinas Perhubungan Pekanbaru

Ada 4 posko mudik libur akhir tahun di Pekanbaru

Situasi di Pelabuhan Sungai Duku, yang terpantau lancar jelang Natal 2023 dan menyambut tahun baru 2024 pada Jumat (22-12-2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Pekanbaru.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Riau, mendirikan pos komando (posko) mudik dalam kota di empat titik untuk memantau dan melancarkan arus lalu lintas pada libur akhir tahun yaituNatal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Keempat titik tersebut yakni di Pelabuhan Sungai Duku, Garuda Sakti, Soekarno Hatta III dan Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru.

"Untuk pengamanan dan kelancaran ini, Dishub bersama pihak kepolisian, Kodim 0301 Pekanbaru, Jasa Raharja, tim kesehatan dan lain saling mendukung untuk menciptakan kelancaran perjalanan mudik selama Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024," kata

Kepala Bidang Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnasdalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Khairunnas mengatakan, pihaknya sudah membuka posko seperti di Pelabuhan Sungai Duku sejak Senin (18/12) dilengkapi petugas yang berjaga melakukan pemantauan dan pengamanan.

Bagi pemudik yang menggunakan transportasi kapal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan operator kapal yang melayani rute-rute yang ditentukan untuk memastikan kondisi kapal sebelum berangkat.

"Jika ada pembatalan maka kita akan memberikan solusi penumpang bisa menggunakan jalur darat via Buton," katanya.

Khairunnas menyebutkan bahwa operator kapal saat ini adalah Gelatik, Naga Line, serta Garuda dan juga diminta untuk menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi lonjakan penumpang.

Untuk Posko Mudik Natal dan Tahun Baru bersamaan libur sekolah tahun 2023 semuanya sudah dilengkapi dengan tim kesehatan yang akan memeriksa kesehatan sopir dan penumpang.