Kanwil Kemenkumham Riau raih penghargaan terbaik I dalam Rakernis AHU

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kemenkumham

Kanwil Kemenkumham Riau raih penghargaan terbaik I dalam Rakernis AHU

Kanwil Kemenkumham Riau raih penghargaan terbaik I dalam Rakernis Administrasi Hukum Umum (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau meraih penghargaan terbaik I dalam kategori IKPA dan SMART Tahun Anggaran 2023 dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pelayanan Hukum Administrasi Hukum Umum (AHU) yang digelar di Bali, 28-30 November 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal AHU Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, kepada Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Riau, Edison Manik.

Dalam Rakernis tersebut, Dirjen AHU menyampaikan beberapa arahan kepada seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham. Arahan tersebut antara lain agar setiap Pokja yang diarahkan oleh Direktur dapat ditindaklanjuti tidak hanya pada saat Rakor tapi sampai implementasinya nanti dan perjanjian Kerjasama yang sudah dilakukan di pusat diintegrasikan sampai tingkat wilayah.

Selain itu, dalam Rakernis tersebut juga dilakukan pemaparan dari masing-masing Pokja AHU. Beberapa isu yang diangkat dalam pemaparan tersebut antara lain masih terdapat ketidaksinkronan data Notaris antara Ditjen AHU dan Kanwil Kemenkumham, belum optimalnya pelaksanaan pasal 3A dalam Undang-Undang Kewarganegaraan dan Perwarganegaraan, minimnya pelaporan Beneficial Ownership (BO), kurang pemahaman stakeholder tentang Apostille, belum tersedianya pemutahiran data fidusia dan belum optimalnya jumlah PPNS.

Dirjen AHU meminta agar isu-isu tersebut dapat ditindaklanjuti oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham.