Seniman Siak ikut pelatihan komposer musik dan koreografer tari tradisi

id Disdikbud Siak, komposer musik tradisional, koreografer tari tradisi,Siak gelar pelatihan komposer musik,pelatihan kompo

Seniman Siak ikut pelatihan komposer musik dan koreografer tari tradisi

Wakil Bupati Siak Husni Kerja dan Kepala Disdikbud Siak Mahadar bersama para peserta pelatihan Komposer Musik dan Koreografer Tari Tradisi. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau, (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak menggelar Pelatihan Komposer Musik dan Koreografer Tari Tradisi yang diikuti sebanyak 54 orang, terdiri dari seniman, seniwati serta tenaga pengajar daerah setempat.

Kepala Disdikbud Siak, Mahadar di Siak, Senin, mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka pembinaan sumber daya manusia dan pranata tradisional. Kegiatan ini juga merupakan perdana digelar Disdikbud Siak dan dilaksanakan selama lima hari, 26-30 November 2023.

"Pelatihan Komposer Musik Tradisi dan Koreografer Tari Tradisi ini, memperkenalkan seni budaya tradisional kepada generasi muda dan seluruh masyarakat Kabupaten Siak," kata dia.

Dia mengharapkan seni budaya tradisional akan selalu eksis di tengah masyarakat. Selain juga mengangkat dan memperkenalkan kembali budaya daerah, serta menyebarluaskan produk karya seni daerah khususnya musik dan tari tradisi yang bernuansa melayu di Kabupaten Siak.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza yang membuka acara mengapresiasi diselenggarakan Pelatihan Komposer Musik Tradisi dan Koreografer Tari Tradisi. Kegiatan kata dia ini juga mendukung Visi Bupati dan Wakil Bupati Siak.

"Yakni bagaimana kita membangun Siak ini dengan mengikutsertakan Kebudayaan yang ada", ucap Husni.

Oleh karena itu, Wabup berharap kepada para peserta yang mengikuti acara ini, agar benar-benar serius dan fokus. Hal itu agar apa yang akan disampaikan oleh para narasumber nantinya bisa dipahami.

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seni budaya tradisional baik itu berupa tari dan musik bisa terus dilestarikan, dan bisa terus berkembang akan tetapi tidak menghilangkan nilai budaya yang terkandung di dalamnya," ungkapnya.