Ganjar ajak pemuda Indonesia lakukan reaktualisasi di Hari Sumpah Pemuda

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Ganjar

Ganjar ajak pemuda Indonesia lakukan reaktualisasi di Hari Sumpah Pemuda

Ganjar Pranowo menemui wartawan usia kegiatan CALD Party, di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/Rina Nur Anggraini)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengajak pemuda Indonesia untuk melakukan penyegaran dan pembaruan nilai-nilai kehidupan di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95.

"Di hari sumpah pemuda rasanya kita harus melakukan reaktualisasi dari sumpah pemuda itu," ujar Ganjar di Balai Sarbini, Sabtu.

Reaktualisasi ini dapat dilakukan dengan membulatkan komitmen, karena para pemuda merupakan harapan bangsa. Ia pun meniru pernyataan Bung Karno, "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia".

Menurut dia, Soekarno sangat peduli dengan anak muda. Hal ini terbukti dari banyaknya pemuda Indonesia yang sudah bisa menggoncang dunia.

"Mereka punya talenta hebat, ilmu pengetahuan, seni, budaya, olahraga, sains, luar biasa lah termasuk ekonomi kreatif," katanya.

Ganjar menilai saat ini merupakan momentum yang tepat untuk membangkitkan kembali para pemuda dalam menunjukkan kualitas dan prestasinya.

Untuk diketahui, Sumpah Pemuda dicetuskan dalam Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 yang berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia.

Kongres Pemuda II diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 di tiga lokasi, yaitu gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Oost Java Bioscoop, dan Indonesische Clubgebouw (Rumah Indekos, Kramat Nomor 106).

Dalam rapat ketiga ini, sebelum rumusan hasil kongres dibacakan, terlebih dahulu diperdengarkan lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman, yakni Indonesia Raya yang nantinya akan menjadi lagu kebangsaan Indonesia setelah merdeka.

Setelahnya, putusan kongres dibacakan dan diikuti oleh seluruh peserta, sebuah putusan yang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda.

Adapun ikrar Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama

Kami, putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia

Kedua

Kami, putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia

Ketiga

Kami, putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Baca juga: Ganjar-Mahfud minum jamu dan usai cek kesehatan

Baca juga: Ganjar Pranowo siapkan konsep anggaran riset dan pengembangan agar SDM unggul