Riau jadi provinsi pertama terapkan AI di sekolah

id AI riau, kecerdasan buatan

Riau jadi provinsi pertama terapkan AI di sekolah

Gubernur Riau Syamsuar saat melihat langsung penggunaan teknologi AI di SMAN 02 Bangkinang, Kampar, Selasa (24/10/23). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin populer di dunia. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Riau mengambil langkah cepat dengan memanfaatkan AI untuk membantu pembelajaran di sekolah-sekolah.

Gubernur RiauSyamsuar pada Selasa petang melihat langsung penggunaan AI dalam proses pembelajaran di SMAN 02 Bangkinang, Kabupaten Kampar.

"Saya yakin, anak-anak Riau ke depan akan menjadi anak-anak yang cerdas, yang melek teknologi," ucap Syamsuar sembari menyaksikan siswa-siswi SMAN 02 Bangkinang mengoperasionalkan IA di personal computer (PC) mereka.

Praktisi AI sekaligus Vice Rector for Research & Development Digital Advancement Osaka Japan & UICI, Indonesia, Prof DrEng Jaswar Koto, yang digandeng Pemprov Riau untuk membangun sistem pendidikan berbasis AI, menyatakan bahwa Riau adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran.

"Kita harus bangga bahwa saat ini di bawah arahan Bapak Gubernur, Riau adalah provinsi pertama yang menggunakan IA di sekolah-sekolah," katanya saat menyampaikan sambutan.

Prof Jazwar yang juga putra asal Riau itu mengatakan bahwa saat ini AI sudah bisa digunakan dengan komputer di beberapa SMA di Riau.

"Insya Allah setelah ini dengan dukungan Bapak Gubernur, kita menggunakan android. Setelah itu nanti kita gelar Olimpiade IA agar anak-anak kita punya kemampuan yang sama dengan negara-negara maju," ulasnya lagi.

Sebagaimana keinginan Gubernur Syamsuar, Prof Jazwar yakin anak-anak Riau ke depan akan semakin banyak yang mampu melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa.

Nampak hadir mendampingi Gubri Syamsuar, KadisdikRiauKamsol dan Kadiskominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya.