PHR WK Rokan simulasi tanggap darurat dan evakuasi korban

id PHR WK Rokan,Phr

PHR WK Rokan simulasi tanggap darurat dan evakuasi korban

Latihan tanggap darurat di fasilitas Sintong GS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan. (ANTARA/HO-PHR)

Dumai (ANTARA) - Sebagai kesiapan menghadapi insiden di Sintong Gathering Station Kabupaten Rokan Hilir, PT Pertamina Hulu Rokan Wilayah Kerja Rokan mengadakan pelatihan tanggap darurat dan penyelamatan aset dan pekerja serta upaya evakuasi korban pada Rabu (18/10) kemarin.

Kegiatan mitigasi dan simulasi latihan tanggap darurat dan insiden kebakaran di GSF yang merupakan stasiun pengumpul minyak mentah dari PHR ini melibatkan lintas tim terkait di PHR.

Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto bilang pelatihan tanggap darurat ini dalam rangka kesiapsiagaan unsur terkait guna menghadapi tantangan di industri minyak dan gas atau migas.

"Kegiatan tanggap darurat di Sintong Gathering Station Kabupaten Rokan Hilir ini sebagai upaya untuk melatih, mengantisipasi hingga memitigasi adanya insiden kebakaran, mulai dari penyelamatan pekerja, aset berupa fasilitas dan equipment, dan lingkungan serta tindakan evakuasi korban," kata Rudi kepada wartawan di Dumai, Kamis.

Dia melanjutkan, latihan ini juga upaya kesiapsiagaan PHR WK Rokan apabila terjadi insiden di fasilitas operasi. Para pekerja dilatih untuk tanggap dan mampu mengatasi krisis jika terjadi. Sekaligus dilakukan pemberian santunan kepada 48 kaum dhuafa di area operasi Sintong GS tersebut.

"Kami berupaya untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara, serta mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, agar dapat terus berusaha dalam pemenuhan energi nasional," sebut Rudi lagi.

Pengetahuan tentang keselamatan operasional PHR perlu ditularkan kepada masyarakat agar dapat memahami risiko terjadi di lokasi operasi. Kemudian bagaimana dampak risiko dapat dikelola dengan baik serta tidak berdampak besar terhadap operasi dan lingkungan.

Kepolisian setempat melalui Kapolsek Tanah Putih Rokan Hilir diwakili Kanit Binmas AKP RH Siregar menyampaikan bahwa kegiatan simulasi ini sangat penting dan berguna sekali bagi masyarakat.

"Ini merupakan contoh baik untuk dilakukan pada area operasi PHR, dan kepolisian akan selalu mendukung untuk program keselamatan ini," katanya.

Demikian juga TNI akan selalu siap memberikan dukungan terbaiknya untuk kondusifitas kegiatan operasional untuk mendukung perekonomian masyarakat pada area operasi," ungkap Sertu Suparman perwakilan Danramil Tanah Putih.

Dukungan dan apresiasi juga disampaikan Tokoh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hilir Datuk Murni yang merasa tersanjung atas kesiapsiagaan PHR dalam menangani dan mengantisipasi kendala operasi.

"Program baik ini tentunya mengedukasi kami masyarakat setempat yang menjadi bagian dari PHR. Banyak hal positif diterima masyarakat dari beroperasinya PHR di WK Rokan," kata Datuk Murni.

Kegiatan simulasi ini inisiasi Tim Field Operation Bangko dan turut melibatkan tim Corporate Secretary North, OE/HES Operation North, Health & Medical, Fire & Emergency Response, Security North, FML dan Well Test Operation North. 1