Pekanbaru fasilitasi 2.780 UMKM urus izin dan sertifikat halal

id Pekanbaru fasilitasi UMKM, urus administrasi perizinan, sertifikat halal

Pekanbaru fasilitasi 2.780 UMKM urus izin dan sertifikat halal

Camat Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru mengungkapkan ada 2.780 UMKM yang akan difasilitasi untuk berjualan di Sentra UMKM Jalan Arifin Achmad. ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memfasilitasi pengurusan perizinan dan sertifikasi halal bagi 2.780 pelaku usaha mikro kecil menengah di wilayahnya jelang peresmian sentra UMKM.

Camat Marpoyan Damai, Fauzan, Jumat, mengatakan bahwa sentra UMKM yang akan diresmikan berada di Jalan Arifin Ahmad yang berada di Kecamatannya. Rencananya akan diresmikan pada akhir tahun 2023.

"Program Pejabat Wali kota ini sangat menyentuh dan memberikan ruang bagi pelaku UMKM. Para pelaku UMKM ini akan difasilitasi agar memenuhi persyaratan dan administrasi perizinan supaya, produk mereka bisa dijual di pusat UMKM," kata Fauzan.

Untuk administrasi, pihaknya juga membantu persyaratan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan, Nomor Induk Berusaha, dan surat keterangan domisili usaha. Kemudian sertifikat halal ke Kementerian Agama.

Sentra UMKM yang dibangun tersebut merupakan bekas rumah dinas Wakil Wali Kota Pekanbaru. Pengerjaannya telah mulai direnovasi dan jika telah selesai makan Pemko Pekanbaru memiliki Sentra Usaha UMKM tahun depan.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengatakan nantinya para pelaku wisata diarahkan membawa tamunya ke pusat UMKM ini. Sehingga, produk UMKM bisa laku dan dikenal oleh para tamu.

"Tahun ini, kami sudah memulai renovasi eks rumah dinas wakil wali kota menjadi pusat UMKM di Jalan Arifin Ahmad. Para pelaku UMKM bisa menitipkan produknya di pusat UMKM itu nanti," ujarnya.

Nanti lanjutnya akan kelihatan produk UMKM mana yang paling diminati wisatawan. Sehingga, produk tersebut bisa menjadi ikon kuliner Kota Pekanbaru.

"Kami sudah siapkan sarana dan prasarananya. Kami juga sudah siapkan juga kemudahan bagi pelaku UMKM yang ingin meminjam uang di Bank Pekanbaru. Kami bantu dengan memberikan subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen," jelas Muflihun.