Indeks SPM pendidikan Kota Pekanbaru terbaik di Riau

id tanoto foundation

Indeks SPM pendidikan Kota Pekanbaru terbaik di Riau

Sosialisasi Rapor Pendidikan yang difasilitasi Tanoto Foundation kepada pemangku kepentingan Kota Pekanbaru di Gedung Kantor Wali Kota Pekanbaru, Kamis (24/8/23). (ANTARA/HO-TF)

Pekanbaru (ANTARA) - Berdasarkan data dan informasi dari Rapor Pendidikan versi 2.0, Kota Pekanbaru memiliki indeks Standar Pelayanan Minimal SPM Pendidikan terbaik di Provinsi Riau.

Hal ini diketahui pada sosialisasi Rapor Pendidikan yang difasilitasi Tanoto Foundation kepada pemangku kepentingan Kota Pekanbaru di Gedung Kantor Wali Kota Pekanbaru, Kamis (24/8).

Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan BPMP Provinsi Riau Wisma Endrimon menjadi narasumber sosialisasi mengatakan Kota Pekanbaru menjadi kota terbaik di Riau dalam capaian penerapan SPM Pendidikan berdasarkan Rapor Pendidikan.

"Indeks SPM Pendidikan Pekanbaru terbaik di Riau, SPM Pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan, Data-data ini tersedia di Rapor Pendidikan," jelasnya.

Wisma Endrimon menambahkan Rapor Pendidikan Daerah versi 2.0 merupakan pengembangan dari platform Rapor Pendidikan Daerah yang diluncurkan pada tahun lalu. Rapor Pendidikan Daerah versi 2.0 ini secara jelas menunjukkan indikator utama yang digunakan untuk mengukur indeks SPM atau skor capaian pendidikan.

SPM Pendidikan ini dapat dijadikan sebagai acuan pemerintah daerah untuk mengukur kualitas pendidikan di daerahnya. Fitur-fitur di versi ini telah dikembangkan untuk mempermudah pemda dalam melakukan perencanaan.

Rapor Pendidikan Daerah Versi 2.0 dilengkapi dengan Indeks SPM (skor capaian) dan pengembangan fitur lainnya, sehingga perencanaan berbasis data dapat dilakukan dan disesuaikan dengan pemenuhan SPM Pendidikan serta penganggaran di setiap daerah. Di samping itu, pada Versi 2.0 dilengkapi dengan pembaruan fitur yang menyajikan data secara lebih terpusat.

Sosialisasi ini bertujuan agar tercapainya target perencanaan berbasis data, peningkatan hasil belajar siswa dan rapor pendidikan menjadi gambaran pencapaian mutu pendidikan. Sosialisasi juga ini agar bagaimana pemerintah daerah bisa mengakses rapor pendidikan di daerahnya. Rapor pendidikan ini bukan seperti yang di sekolah tapi pemetaan sejauh mana mutu pendidikan bisa dicapai.

Sekda Pekanbaru Indra Pomi Nasution saat membuka sosialisasi mengatakan Indeks SPM Pendidikan Kota Pekanbaru ini bisa kita pertahankan dan ditingkatkan. Namun kita harus memperbaiki ada beberapa indikator yang masih rendah.

"Pendidikan Pekanbaru butuh bimbingan dan dukungan dari BPMP dan Tanoto Foundation supaya Pekanbaru lebih baik, karena Pekanbaru dari segi pertumbuhan dan perkembangan kota jauh lebih dari daerah kota/kabupaten lainnya di Riau, Pekanbaru juga merupakan representasi dari Riau, sehingga Pekanbaru harus lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara, Dendi Satria Buana Provincial Coordinator Riau Tanoto Foundation, mengatakan Tanoto Foundation sebagai mitra pembangunan memfasilitasi sosialisasi rapor pendidikan, mendukung dan menyukseskan kebijakan Merdeka Belajar. Dalam hal ini, khususnya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Platform Merdeka Mengajar, perencanaan basis data rapor pendidikan dan literasi dan buku bacaan bermutu.

"Hari ini kita berdiskusi terkait rapor pendidikan untuk daerah, untuk daerah kita menyampaikannya kepada kepala daerah. Untuk menyampaikan Rapor Pendidikan itu kita bersama BPMP yang akan melaporkan secara teknis mengenai hasil Rapor Pendidikan,” jelas Dendi.

Turut hadir dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Kepala Kemenag Pekanbaru, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.