Bupati Bengkalis Bantu Ambulance Empat Desa

id bupati bengkalis, bantu ambulance, empat desa

Bupati Bengkalis Bantu Ambulance Empat Desa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, memberikan bantuan empat unit ambulance untuk Pemerintahan Desa Sei Siput, Desa Tanjung Belit, Desa Sei Linau, dan Desa Lubuk Gaung.

Tujuannya untuk mendukung warga di daerah itu mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

"Para kepala desa yang memperoleh bantuan ambulance tersebut diharapkan memeliharanya dengan baik, sedangkan honor sopir dan biaya perawatan ambulance bisa diambil dari Anggaran Dana Desa," kata Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Bupati, program kesehatan merupakan kebijakan pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sebab, katanya, masyarakat yang sehat adalah modal penting untuk melaksanakan pembangunan secara menyeluruh sehingga ambulance diberikan.

"Bantuan ambulance ini sudah diberikan sejak 2011 yakni sebanyak lima ambulance, tahun 2012 sebanyak 25 unit, 2013 sebanyak 30 unit, sehingga selama tiga tahun terakhir sudah 60 unit," katanya dan menambahkan bahwa akhir 2015 seluruh desa sudah memiliki ambulance.

Pada kesempatan itu Herliyan Saleh juga memberikan kartu Jamkesda kepada masyarakat dan program ini sudah terselenggara dengan baik.

Keberadaan program Jamkesmas dan Jamkesda Kabupaten Bengkalis, maka masyarakat Kabupaten Bengkalis golongan pra sejahtera maupun kelas menengah ke atas dapat menikmati pelayanan kesehatan kelas tiga secara gratis.

"Warga tidak perlu memikirkan biaya perawatan di RS, biaya berobat di Puskesmas dan RSUD Bengkalis dan Mandau, bahkan Pemkab Bengkalis sudah melaksanakan kerjasama yang baik dengan RSUD Siak, Dumai dan RSUD Provinsi Riau di PKU," katanya.