BRK Syariah bagikan buku sejarah pacu jalur di ajang Festival Pacu Jalur di Kuansing

id brk syariah, festival pacu jalur

BRK Syariah bagikan buku sejarah pacu jalur di ajang Festival Pacu Jalur di Kuansing

Suasana pembukaan Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi. (ANTARA/HO-BRK)

Kami membuat buku tentang Pacu Jalur. Buku ini bisa jadi referensi bagi masyarakat tentang sejarah Pacu Jalur
Pekanbaru (ANTARA) - Sebagai Bank daerah, BRK Syariah secara aktif dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan positif yang diadakan oleh pemerintah daerah, salahsatunya turut berpartisipasi dalam menyukseskan Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi..

Branch Manager BRK Syariah Cabang Teluk Kuantan, Khoiruddin, mengatakan, partisipasi BRK Syariah terhadap penyelenggaraan iventradisional Pacu Jalur berupa pengadaan buku sejarah tentang awal diadakannya Pacu Jalur di Kuantan Singingi, sejak abad ke-17 lalu.

“Kami membuat buku tentang Pacu Jalur, ada sebanyak 500 eksemplar kita sebar pada acara pembukaan Pacu Jalur. Buku ini bisa jadi referensi bagi masyarakat maupun wisatawan yang menyaksikan festival Pacu Jalur, tentang sejarah Pacu Jalur,” ujar Khoiruddin, pada acara pembukaan yang juga dihadiri Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRK Syariah, Fajar Restu Febriansyah, Rabu (23/8).

Dijelaskan Khoiruddin, tidak hanya buku panduan Pacu Jalur yang diberikan, BRK Syariah juga membuat nuansa Melayu pada acara pembukaan Pacu Jalur, dengan menyediakan Tanjak khas Kuansing agar tampak bernuansa Melayu, setiap undangan dan tokoh masyarakat yang hadir menggunakan baju Melayu dan memakai Tanjak.

“Selain buku, kami juga memberikan bantuan berupa Tanjak, songket dan selendang, pada acara puncak yang dipakai oleh panitia dan juga bagi tamu undangan, tokoh masyarakat dan masyarakat lainnya, agar tampak pelaksanaan ivendi Negeri Bermarwah ini bernuansa Melayu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, acara pembukaan Festival Pacu Jalur dibuka oleh Gubernur Riau, yang diwakilkan oleh Sekdaprov Riau SF Hariyanto, dan dihadiri Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi, Mohammad Amin Abdullah, dilapangan Limuno Kabupaten Kuansing. Selain itu juga dihadiri Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Wakapolda Riau, Wakajati, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, dan unsur Forkopimda.