Asap Malaysia Berpotensi Cemari Riau

id , asap malaysia, berpotensi cemari riau

  Asap Malaysia Berpotensi Cemari Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kabut asap yang dihasilkan peristiwa kebakaran lahan di Negara Malaysia berpotensi mencemari udara di Provinsi Riau, Indonesia.

"Terlebih kebakaran lahan yang masih berupa titik panas terpantau oleh Satelit NOAA 18 dan modis sangat banyak di Malaysia seberang Riau atau sekitar Malaka," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Menurut data atau rekaman satelit pada Kamis (6/3), demikian Sutopo, titik panas (hotspot) di Malaysia jauh lebih banyak dibandingkan di Riau.

Terlebih, kata dia, arah angin memang bergerak dari Malaysia mengarah ke wilayah Riau dan sekitarnya.

Kondisi ini menurut dia, diperkuat dengan kecepatan pergerakan angin di atas 25 kilometer per jam sehingga potensi asap yang dihasilkan negara tetangga itu sampai ke berbagai daerah di Sumatera terutama Riau.

"Namun itu butuh analisis lagi, sementara peluang itu ada berdasarkan dengan pantauan satelit dan analisa arah dan pergerakan angin," katanya.

Sutopo mengatakan, dengan situasi demikian, tidak juga menutup peluang asap yang menyelimuti sebagian besar Riau bertambah pekat