Pemkab Bengkalis usulkan Datuk Laksamana Raja Dilaut sebagai pahlawan nasional

id pemkab Bengkalis,Wabup Bengkalis,hari jadi Bengkalis,Datuk Laksamana raja Dilaut

Pemkab Bengkalis usulkan Datuk Laksamana Raja Dilaut sebagai pahlawan nasional

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso melakukan tabur bunga di makam Datuk Laksamana Raja Dilaut dalam rangkaian kegiatan hari Jadi Bengkalis ke-511. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan mengusulkan ke pemerintah nama Datuk Laksamana Raja Dilaut sebagai Pahlawan Nasional, mengingat jasanya sangat besar dalam melawan penjajah dalam mempertahankan marwah negeri ini.

"Mari kita dorong usulan Datuk Laksamana menjadi Pahlawan Nasional, mari bersama kita bersama-sama mulai dari masyarakat, umara, ahli waris dan tokoh adat kita meremukkan untuk mengusulkan Datuk kita menjadi pahlawan Nasional", ungkap Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat ziarah ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut di Desa Sukajadi, Kecamatan Bukit Batu, Senin (31/7).

Dikatakan Bagus, Dimasa Kepemimpinan Kasmarni - Bagus Santoso (KBS) akan terus melakukan yang terbaik untuk memberikan kedamaian, ketentraman, keamanan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis. Melalui tagline Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa).

"Kita pun merasakan Keberadaan Bengkalis ini tidak bisa dipungkiri bagi kita masyarakat Bengkalis, salah satu sosok yang hingga kini tetap melegenda dan menjadi panutan adalah Datuk Laksamana Raja Dilaut. Sebagai tokoh, dengan jiwa kepahlawanannya, beliau adalah penguasa laut yang terkenal pada zamannya," ujarnya.

Selain itu sejarah telah mencatat bahwa keberanian dan semangat kepahlawanan Datuk Laksamana Raja Dilaut, akan menjadi sejarah dan dapat dijadikan sebagai motivasi serta ketauladanan, melalui semangat nasionalismenya, untuk terus berjuang menjaga kedaulatan negeri ini walaupun nyawa beliau sebagai taruhannya.

Camat Bukit Batu Acil Esyno mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bengkalis yang sudah mengagendakan kegiatan tahunan ini, kita sadari Datuk Laksamana merupakan sosok yang perlu kita teladani dalam menjaga marwah, tanah dan negeri ini dari penjajah Portugis.

"Kita berharap usulan nama Datuk ini dijadikan Pahlawan Nasional diberikan kemudahannya", ucap Camat.

Senada paparan Camat Bukit Batu Ahli Waris Encik Ali Akbar mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pemkab Bengkalis yang telah memperhatikan pelestarian rumah sejarah, masjid peninggalan Datuk serta empat makam yang ada di Bukit Batu.

"Kami berharap situs bersejarah ini menjadikan negeri Bengkalis situs sejarah yang diakui bangsa dan dunia," harapnya. (Infotorial)