Jalan poros Alai-Mengkikip ditargetkan rampung akhir 2023

id Jalan poros Alai-Mengkikip ,Asisten Pemprov Riau Masrul Kasmy,Plt Bupati Meranti

Jalan poros Alai-Mengkikip ditargetkan rampung akhir 2023

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar (kanan) bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau Masrul Kasmy, mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar, Wakil Bupati Meranti (2016-2021) Said Hasyim rapat lanjutan pembahasan pembangunan Jalan Alai-Mengkikip di Kantor Gubernur Riau bersama Pemkab Meranti, Senin (10/7/2023). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Kepulauan Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Pembangunan Jalan Alai-Mengkikip yang terletak di Kecamatan Tebingtinggi Barat terus digesa untuk membuka keterisoliran di Kabupaten Kepulauan Meranti dan ditargetkan rampung tahun 2023 ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmy menjelaskan, ruas Alai-Mengkikip menjadi akses yang sangat penting dan pembangunan ini menjadi prioritas pada anggaran perubahan APBD Provinsi Riau Tahun 2023.

Data yang ia terima dari Dinas PU Riau, tahun ini akan dikerjakan sepanjang 3,2 kilometer melalui dana DAK dan APBD Provinsi sampai ke simpang 4 perusahaan.

"Kalau untuk sampai ke Mengkikip, masih ada sekitar 5,1 kilometer, ini juga yang akan kita prioritaskan di APBD-P," jelas Masrul dalam rapat lanjutan pembahasan pembangunan Jalan Alai-Mengkikip di Kantor Gubernur Riau bersama Pemkab Meranti, Senin.

Dia menambahkan, untuk menyempurnakan rancangan tersebut dibutuhkan beberapa dokumen pendukung yang harus segera dilengkapi.

"Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan, saya harap kabupaten dapat melengkapinya, agar rancangan ini dapat segera kita finalkan," ujar Masrul.

Plt Bupati Kepulauan Meranti Asmar yang ikut dalam dalam rapat tersebut menuturkan, saat ini jajarannya tengah mempersiapkan seluruh dokumen yang menjadi syarat rancangan ini. Dia berharap pembangunan ini dapat segera terlaksana.

"Sebagian administrasi sudah ada, kami akan melengkapinya segera, dan kami akan intens berkoordinasi dengan OPD terkait di provinsi, kalau bisa dilaksanakan tahun ini, kenapa tidak," ujarnya.

Dia juga berharap, Pemerintah Provinsi Riau dapat menuntaskan jalan Alai-Mengkikip sebelum periodisasi Gubernur Syamsuar berakhir.

"Dengan tingkat kemiskinan ekstrem tertinggi di Riau, mudah-mudahan pembangunan jalan Alai-Mengkikip dapat selesai tahun ini. Tentunya ini sebuah harapan besar bagi kami masyarakat meranti, sebelum berakhirnya masa jabatan Pak Gubernur kali ini," harapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jalan yang menghubungkan Alai-Mengkikip akan melalui trase (alur baru) yang melewati wilayah PT EMP Malacca Strait.

Trase tersebut memangkas jarak sekitar 7 kilometer dari panjang rancangan jalan sebelumnya. Pembangunan jalan ini menyerap anggaran DAK Pusat, APBD Provinsi Riau, dan Bankeu Provinsi Riau untuk Kabupaten Kepulauan Meranti.

Turut hadir dalam rapat tersebut, tokoh masyarakat Riau yang juga mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar, Wakil Bupati Kepulauan Meranti (2016-2021) Said Hasyim, serta sejumlah kepala dinas/badan terkait di lingkungan Pemprov Riau dan Pemkab Kepulauan Meranti. (Adv)