Kabupaten Bengkalis raih WTP kesepuluh kalinya dari BPK

id Bengkalis, WTP, sepuluh

Kabupaten Bengkalis raih WTP kesepuluh kalinya dari BPK

Bupati Bengkalis Kasmarni menerima penghargaan WTP untuk ke sepuluh kalinya dari BPK Riau. (ANTARA/Alfisnardo)

Pekanbaru (ANTARA) - Kabupaten Bengkalis, ProvinsiRiau, meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kesepuluh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) Perwakilan Riau setelah melakukan pemeriksaan keuangan anggaran tahun 2022 secara seksama selama dua bulan terakhir.

Penghargaan WTP tersebut diserahkan langsung Plt Kepala BPK RI Perwakilan Riau, Arman Syifa kepada Bupati Bengkalis Kasmarni usai menyerahkan menyerahkan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan LHP, di Kantor BPK RI Perwakilan Riau di Pekanbaru, Kamis.

"Penghargaan ini bukan berarti Pemerintah Kabupaten Bengkalis adalah bagian dari bentuk apresiasi kita terhadap keaktifan dalam menanggapi hasil audit yang kita lakukan. Sehingga Kabupaten Bengkalis kembali layak kami berikan penghargaan Opini WTP untuk tahun anggaran 2022," ujarnya.

Kasmarni juga mengucapkan terima kasih atas seluruh bimbingan dan kerjasama terlebih kepada BPK RI Perwakilan Riau, yang menghantarkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat meraih Opini WTP 10 kali secara beruntun.

"Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan kepada BPK RI Perwakilan Riau yang telah kembali memberikan penghargaan Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Riau untuk pemeriksaan keuangan anggaran 2022. Tentu hal ini menjadi motivasi kami selaku Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk terus lebih baik dari tahun ke tahun," ujar Kasmarni.

Kabupaten Bengkalis sejauh ini sudah 9 kali mendapatkan mendapatkan Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Riau secara beruntun, mulai sejak tahun 2013 hingga 2021 lalu. Dan kali ini kembali mendapatkan penghargaan yang ke 10 kali.

"Apa yang telah kami dapatkan ini tak pernah lepas dari kerjasama semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan terlebih lagi merupakan hasil bimbingan dari pihak pemeriksa yakni BPK RI Provinsi Riau," sebut Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis banyak kekurangan dan kealpaan dalam menyajikan laporan keuangan selama ini dan bertekad untuk mengikuti segala pedoman serta aturan pelaksanaan kegiatan yang telah diterbitkan, sebagai acuan agar dapat menyiapkan laporan keuangan penyelenggaraan Pemerintah Daerah menjadi lebih baik, akuntabel, terukur dan terarah di masa yang akan datang, baik dalam pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan.

Hal senada juga diucapkan Ketua DPRD BengkalisKhairul Umam. Ia menyebutkan bahwa prestasi ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis antara legislatif dan eksekutif untuk tatanan administrasi yang lebih baik.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Riau, kiranya ini menjadi motivasi kita semua untuk terus secara maksimal dalam menata administrasi keuangan daerah," ujarnya