Waspada, ada 34 karhutladi Pelalawan pada tahun ini

id karhutla pelalawan,BBPD Pelalawan,karhutla riau,karhutla 2023,karhutla

Waspada, ada 34 karhutladi Pelalawan pada tahun ini

Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Zulfan FM. (ANTARA/Yusuf Nasution/23)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan mencatat 34 kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama periode 1 Januari hingga 15 Juni 2023 sehingga warga diminta lebih waspada.

Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan Zulfan FM di Pangkalan Kerinci, Jumat, mengatakan, dari 34 kejadian tersebut tercatat ada 31,18 hektare lahan yang terbakar dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Dalam penanganan karhutla yang terjadi di Pelalawan, kita selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk selalu bersinergi sehingga persoalan karhutla yang selalu mengancam daerah dapat ditangani dengan baik," katanya.

Zulfan juga mengimbau kepada masyarakat di daerah itu agar aktif dalam melaporkan ketika ada terjadi karhutla di wilayahnya.

"Terlebih cuaca yang kini ekstrem akibat pengaruh El Nino yang terjadi sekali lima tahun itu. Kita patut mewaspadainya dan jangan sampai masyarakat membakar sampah atau semak di daerah rawan," ujarnya.

Apalagi, tambah Zulfan, karakteristik lahan di 12 kecamatan yang ada di Negeri Seiya Sekata ini rata-rata gambut yang mudah terbakar karena cuaca di sejumlah Pelalawan sedang ekstrem atau suhu panasnya cukup tinggi.

"Kita rutin tiap hari melakukan patroli terutama di daerah rawan seperti di Kecamatan Teluk Meranti, Ukui dan Kuala Kampar. Kita tidak ingin kejadian seperti tahun 2019, terulang," ungkapnya dengan lugas.