Sentra Abiseka Pekanbaru salurkan bantuan atensi untuk kelompok rentan di Meranti

id Sentra Abiseka Pekanbaru ,Bantuan atensi Kemensos ,Kelompok rentan Meranti

Sentra Abiseka Pekanbaru salurkan bantuan atensi untuk kelompok rentan di Meranti

Sentra Abiseka Pekanbaru menyerahkan bantuan atensi dari Kementerian Sosial RI secara langsung ke pihak Dinas Sosial Kepulauan Meranti di Aula Kantor Bupati, Rabu (8/3/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - UPT Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Provinsi Riau melalui Sentra Abiseka Pekanbaru menyalurkan realisasi bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk kelompok rentan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu.

Koordinator Sentra Abiseka Wilayah Kerja Kabupaten Kepulauan Meranti, Febri Hartanto mengatakan bantuan atensi ini merupakan program dari Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, untuk membantu kelompok rentan agar bisa berfungsi sosial secara normal dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

Program tersebut menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, pembinaan kewirausahaan, terapi mental spiritual, bantuan sosial serta dukungan aksesibilitas.

"Mewakili Kepala Sentra Abiseka Pak Agus Hasyim Ibrahim di Pekanbaru, kami melaksanakan arahan ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera menuntaskan penyaluran bantuan Atensi di wilayah kerja Sentra Abiseka," ujar Febri.

Ia menjelaskan, sebelum diberikan bantuan, tim telah melakukan assesment komprehensif untuk mengetahui secara langsung kebutuhan calon penerima manfaat dengan tujuan bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Selain itu pendataannya dilakukan satu tahun sebelum dilakukan penyaluran.

"Mereka yang diberikan bantuan dalam bentuk barang dan komponen, sebelumnya dilakukan assesment komprehensif. Dari hasil tersebut didapatkan 101 penerima pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yang terdata untuk layak mendapatkan bantuan Atensi ini," ungkap Febri.

Ditambahkan dia, penyaluran bantuan dilaksanakan secara langsung dengan mendatangi rumah penerima manfaat maupun disalurkan di lokasi terdekat atau Kantor Dinas Sosial setempat. Hal tersebut dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

"Bantuan yang kita salurkan itu diberikan langsung kepada Penerima Manfaat (PM). Hal itu dilakukan karena kita inginkan data yang komplit dan tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan," tuturnya.

Bantuan yang diberikan di setiap kabupaten dilakukan sebanyak dua kali per tahunnya. Namun jika ada kebutuhan yang bersifat insidental bisa disalurkan hingga tiga kali.

"Di tiap kabupaten, bantuan Atensi ini kami salurkan sebanyak dua kali dalam setahun dengan target penerimanya sebanyak 100 KPM. Namun jika ada kasus yang bersifat insidental, maka bisa mencapai tiga kali," ucapnya.

Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Pasalnya bantuan atensi ini hanya diberikan sekali dan tidak untuk keberlanjutan. "Semoga bantuan dari kemensos RI oleh Sentra Abiseka di Pekanbaru ini bermanfaat," pungkasnya.

Adapun komponen bantuan yang disalurkan berupa barang dengan nilai keseluruhannya Rp227.619.000. Barang tersebut antara lain yakni, 64 paket sembako, 98 paket nutrisi, 86 paket family kit, 18 unit kasur, 5 paket perlengkapan sekolah, 3 unit mainan anak edukatif, dan 28 unit alat kesehatan.

Kemudian biaya transportasi satu orang, biaya terapi Spech Delay, satu unit stroller, satu unit standhold handphone laptop, obat pereda nyeri, satu unit sepeda anak, satu unit sepeda dewasa, satu unit sepeda motor roda 3, enam unit paket kewirausahaan.