Dumai Telah Bentuk Fasilitas Pendukung Menuju KLA

id dumai telah, bentuk fasilitas, pendukung menuju kla

Dumai Telah Bentuk Fasilitas Pendukung Menuju KLA

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai, Riau melalui Badan KB, Perlindungan Perempuan dan Anak (BKBPPA) setempat selama 2013 telah membentuk sejumlah fasilitas pendukung menuju Kota Layak Anak (KLA).

Kepala BKBPPA Dumai Marwan menyebutkan, persiapan menuju kota layak anak dengan membentuk perpustakaan, taman bacaan, kelurahan, Puskesmas dan taman hiburan ramah anak di sejumlah tempat.

"Persiapan Dumai menuju kota layak anak ini telah jauh hari kita lakukan dengan memenuhi sejumlah indikator penilaian dengan fasilitas ramah anak dengan perkiraan mencapai 75 persen," kata Marwan, Kamis (16/1) kepada Antara.

Dia menjelaskan, mewujudkan Dumai kota layak anak ini juga telah dibentuk kelompok kerja diberi nama Gugus Tugas dengan beranggotakan sejumlah instansi pemerintahan terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, Pendidikan, Tatakota dan Kesehatan.

Kelompok Gugus Tugas ini, sebutnya, saling berkoordinasi dan memprogramkan pemenuhan ketersediaan fasilitas dan sarana prasarana pendukung mewujudkan kota ramah anak.

"Tiap instansi akan memprogramkan pembangunan yang diselaraskan dengan pemenuhan hak anak guna mendukung pencapaian kota layak anak," sebutnya.

Marwan menambahkan, Dumai pada Desember 2013 lalu juga telah mendeklarasikan menuju kota layak anak dengan ditandai penandatanganan bersama antara Walikota dan sejumlah pimpinan daerah.

Meski sejauh ini masih mengalami kendala regulasi daerah dalam program menuju kota layak anak ini, namun, Marwan optimis bisa merealisasikan ini karena telah melakukan berbagai tahapan persiapan dan pemenuhan hak dasar anak.

"Pertengahan tahun ini di Dumai akan dinilai oleh tim independen untuk ditentukan sebagai kota layak anak. Karena itu, kedepan kita akan terus upayakan percepatan pembangunan kota ramah dengan kehidupan anak," ungkap Marwan.