Wamenparekraf: Travel Exchange bisa jadi jembatan pelaku parekraf masuk pasar global

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, pariwisata

Wamenparekraf: Travel Exchange bisa jadi jembatan pelaku parekraf masuk pasar global

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat mengunjungi Travel Exchange (Travex) di Yogyakarta, Jumat (3/2/2023) (ANTARA/Ho/Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyampaikan, Travel Exchange (Travex) bisa menjadi jembatan bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menembus pasar global.

"Tentunya kegiatan Travel Exchange ini diharapkan dapat menjadi sarana transfer knowledge yang bermanfaat bagi kemajuan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sekaligus menjadi jembatan bagi pelaku industri pariwisata agar bisa menembus pasar internasional," kata Angela dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Angela memantau langsung alur business to business (B2B) yang dilakukan pelaku usaha pariwisata se-ASEAN di Travex yang berada di rangkaian ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta, Jumat (3/2). Travex diikuti oleh ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, industri hotel dan akomodasi, TA/TO, serta pelaku MICE.

Dalam kesempatan itu, Angela juga meninjau booth yang memasarkan beragam produk lokal dalam Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM dan Festival Kuliner.

"Banyak sekali manfaat dari pameran ini. Salah satunya menjadi kesempatan besar bagi pelaku industri kreatif dalam negeri untuk memasarkan produk unggulan mereka ke sejumlah negara anggota ASEAN," ujar Angela.

Travex (Travel Exchange) dan Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM dan Festival Kuliner adalah dua pameran utama yang dihadirkan dalam gelaran ASEAN Tourism Forum 2023.

Turut mendampingi Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini; Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf Masruroh; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf Dwi Marhen Yono; Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Cecep Rukendi; dan Direktur Pemasaran Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf Erwita Dianti.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno jelaskan antisipasi pariwisata hadapi ancaman resesi 2023

Baca juga: Wamenparekraf: Target devisa pariwisata sebesar 2,07 miliar dolar AS pada 2023