Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebut KTT Ukraina-EU 'simbol kekuatan'

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebut KTT Ukraina-EU 'simbol kekuatan'

Arsip foto - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan pidato tahunan di parlemen, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kiev, Ukraina (28/12/2022). (ANTARA/REUTERS/HO-Kepresidenan Ukraina/as/aa.)

Moskow (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Jumat (3/2) mengatakan pertemuan puncak Ukraina dan Uni Eropa (EU) menjadi sebuah "simbol kekuatan" dan Ukraina akan melakukan apa saja untuk "memperkuat kemitraan dan integritas".

"Tujuan kami sangat jelas: untuk memulai negosiasi tentang keanggotaan Ukraina di Uni Eropa. Kami tidak akan melewatkan sehari pun untuk terus berupaya mendekatkan Ukraina dan Uni Eropa," tulis Zelenskyy di Telegram.

Dalam KTT pada Jumat (3/2), Ukraina dan Uni Eropa membahas tentang prospek masuknya Kiev sebagai anggota organisasi regional tersebut, pengakhiran perang di Ukraina dan ketahanan pangan.

Dalam suatu konferensi pers seusai KTT, Zelenskyy mengesampingkan kemungkinan Ukraina untuk menyerah (dari Rusia) di Kota Bakhmut.

"Tidak akan ada yang menyerah di Bakhmut. Kami akan terus berperang semampu kami," katanya. Zelenskyy mengatakan "Ukraina adalah keseluruhan Eropa" dan Rusia tidak akan bisa menghancurkannya.

Lewat sebuah pernyataan menjelang KTT, Uni Eropa menjelaskan bahwa ini adalah KTT pertama sejak Ukraina menyandang status negara calon anggota di komunitas tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Zelensky diskusi situasi Ukraina hingga kesepakatan Laut Hitam

Baca juga: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy desak agar Rusia tidak dibolehkan ikut Olimpiade 2024


Sumber: Anadolu