KPU Siak lantik 70 PPK untuk Pemilu Serentak 2024

id KPU, Siak, lantik, PPK, Pemilu, 2024

KPU Siak lantik 70 PPK untuk Pemilu Serentak 2024

Bupati Siak Alfedri, Ketua dan Komisioner KPU Siak beserta Forkompida usai kegiatan pelantikan Panitia Pemilu Kecamatan sebanyak 70 orang untuk menghadapi Pemilu Serentak 2024. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Siak, Provinsi Riau, melantik 70 orang dari 14 kecamatan masing-masing sebanyak lima sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam menghadapi Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten SiakAhmad Rizal di Gedung MahratuSiak, Rabu mengatakan secara keseluruhan PPK yang dilantik kurang lebih 50 persennya merupakan orang yang sudah pernah menjalankan tugas sebagai PPK pada pemilu sebelumnya. Artinya, di antara PPK yang dilantik sudah ada yang berpengalaman di bidangnya.

Dia menyebutkan setelah dilantik tugas pertama yang mesti dilakukan PPK adalah membantu melaksanakan tahapan selanjutnya, yakni merekrut Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap kampung (desa).

"Tugas pertama yang dilakukan adalah PPK membantu KPU untuk menyeleksi PPS, kali ini tes untuk PPS ini kita gunakan 'Computer Assisted Test' (CAT). Jadi, kita minta PPK koordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk menyiapkan sarana dan fasilitas tesnya," kata Rizal.

Pada pemilu 2024 ini,lanjutnya, honor bagi penyelenggara pemilu naik dari sebelumnya. Itu berdasarkan keputusan Menteri Keuangan yang tertuang dalam surat Nomor S-647/MK.02/2022 tanggal 5 Agustus 2022, mengenai Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan Pemilihan.

Adapun rincian besaran honor penyelenggara pemilu 2024 adalah Ketua PPK Rp2,5 juta dan Anggota PPK Rp2,2 juta. Kemudian Ketua PPS sebesar Rp1,5 juta dan Anggota PPS Rp1,3 juta. Selanjutnya Pantarlih sebesar Rp1 juta per bulan.

PPK dilantik langsung oleh Ketua KPU Siak didampingi seluruh komisioner. Disaksikan Bupati Siak, Alfedri dan Badan Pengawas Pemilu Siak dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan tamu undangan lainnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Siak, Alfedri. Ia mengucapkan selamat kepada PPK yang baru dilantik. Ia berharap PPK dapat melaksanakan tugasnya dengan amanah, netral dan independen demi menyukseskan pemilu 2024.

"Tentunya ini tugas yang mulia karena adanya bini sebagai jaminan keberlangsungan kehidupan bernegara kita. Semoga PPK dalam menjalankan tugasnya mendapat kemudahan sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas," ujarnya.