Persiapan SDM, Sekjen KLHK resmikan perpustakaan dan laboratorium di SMK Negeri Kehutanan Pekanbaru

id SMK kehutanan Pekanbaru ,KLHK

Persiapan SDM, Sekjen KLHK resmikan perpustakaan dan laboratorium di SMK Negeri Kehutanan Pekanbaru

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono saat peresmian gedung perpustakaan dan laboratorium di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono menyebutkan salah satu upaya penguatan Sumberdaya Manusia (SDM) di KLHK yaitu dengan meningkatkan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar serta mental peserta didik di SMK Kehutanan.

Hal itu dinyatakan Bambang saat meresmikan Perpustakaan dan Laboratorium di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru di Jalan Suka Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Jumat.

Menurut Bambang, penguatan SDM menjadi kunci dalam memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, politik, budaya, juga LHK.

Disebutkannya, fasilitas yang dibangun dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini akan digunakan sekolah yang berada di bawah binaan KLHK ini untuk menciptakan lulusan yang terampil dan siap bekerja di lapangan.

"Tantangan pembangunan LHK untuk Indonesia menuju 2045 memang harus dipersiapkan dari sekarang. Salah satunya mempersiapkan SDM sejak sekolah menengah menjadi prioritas dalam peningkatan pengetahuan serta keahlian dalam memenuhi tantangan di bidang LHK," terang Bambang kepada awak media usai peresmian.

Lanjut Bambang, lulusan SMK Kehutanan dipersiapkan untuk siap kerja di lapangan. Bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi pun para siswa telah memiliki bekal yang cukup. Harapannya, siswa dapat mengisi ruang kerja di kehutanan yang memang memerlukan keterampilan sedari dini.

SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru sendiri merupakan 1 dari 5 SMK Kehutanan Negeri di Indonesia yang berada di bawah binaan KLHK lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM.

"Di KLHK kita bersyukur punya SMK kehutanan, di Riau salah satunya. Alhamdulillah bersama pemerintah provinsi kami akan mengawal terus persiapan SDM hingga kebutuhan tenaga di bidang kehutanan Indonesia dapat terpenuhi," pungkasnya.