BMKG minta masyarakat waspadai gelombang laut di Natuna mencapai 4 meter

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, gelombang

BMKG minta masyarakat waspadai gelombang laut di Natuna mencapai 4 meter

Ilustrasi. (Antara)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) meminta masyarakat terutama operator dan pengguna transportasi laut serta nelayan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mewaspadai gelombang laut yang mencapai 4 meter.

BMKG mengumumkan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai gelombang laut yang membahayakan keselamatan pengguna transportasi laut tersebut.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang

Rizqi Nur Fitriani di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan gelombang laut di Natuna yang tinggi tersebut akibat adanya pusaran sinklonik.

Pusaran sinklonik merupakan kawasan dengan pusaran angin bertekanan rendah. Pada saat yang sama muncul awan Comulonimbus yang menyebabkan cuaca ekstrem di perairan Natuna dan sekitarnya. Selain gelombang tinggi, intensitas hujan juga tinggi dan terjadi angin kencang.

"Perlu diketahui bahwa di perairan Natuna dan sekitarnya saat ini terdapat pusaran siklonik sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan di wilayah tersebut. Pertumbuhan awan Comulonimbus yang signifikan berpengaruh terhadap kondisi tinggi gelombang di sekitar perairan Natuna terutama dalam kondisi cuaca ekstrem yang disertai dengan angin kencang," ujarnya.

Fitri mengatakan peringatan tersebut bukan hanya ditujukan terhadap nelayan yang melaut dengan menggunakan perahu, melainkan juga nakhoda kapal berukuran besar seperti kapal tongkang, kapal barang dan kapal cepat.

"Nelayan harus berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem yang potensial terjadi selama dua hari. Nakhoda kapal dengan kapasitas besar juga harus mewaspadai kondisi ini. Utamakan keselamatan," ucapnya.

Gelombang laut di perairan lainnya di Kepri, seperti di Kepulauan Anambas mencapai 2,5 meter. Kondisi ini juga membahayakan keselamatan nelayan yang menggunakan perahu.

Sedangkan di Perairan Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Bintan, tinggi gelombang laut mencapai 1,25 meter.

Meski gelombang laut di lima daerah itu tidak setinggi di Natuna dan Anambas, Fitri mengingatkan nakhoda dan pengguna transportasi laut agar memperhatikan kondisi cuaca, terutama saat mucul awan cumulonimbus.

"Cuaca ekstem seperti hujan dengan intensitas tinggi, petir, angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi saat muncul awan tersebut," tuturnya.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat pesisir untuk waspada gelombang tinggi

Baca juga: BMKG peringatan masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi hingga enam meter