PT PNM tingkatkan kualitas pemimpin komunitas agar UMKM naik kelas

id Pnm, pt pnm, pnm pekanbaru, mekaar pekanbaru

PT PNM tingkatkan kualitas pemimpin komunitas agar UMKM naik kelas

Pimpinan PT PNM Pekanbaru bersama sejumlah manajer regional Mekaar. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Pemimpin Komunitas (Community Leaders) bertema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” yang dihadiri oleh 450 peserta terdiri dari Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar di wilayah Pekanbaru, Jumat.

Pemimpin PNM Cabang PekanbaruSuhardjo dalam kesempatan tersebut mengatakan Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM, jelasnya.

Pelatihan ini juga merupakan bentuk kolaborasi PNM PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), Belajar Bareng PNM, dan Ngobrol Bareng PNM, ucapnya.

Pelatihan ini dilakukan secara serentak di 3 Kota yaitu Lampung, Padang, dan Pekanbaru bagi para pendamping nasabah, sebutnya.

Untuk mendukung kegiatan, sebuah performance berupa tarian daerah, seni bela diri, fashion show, beat box, dan singer yang dipersembahkan oleh teman-teman unit PNM Mekaar wilayah Pekanbaru, tambahnya.

Pelatihan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat tersebut dihadiri Hendra Jalius selaku Wakil Pemimpin PNM Cabang Pekanbaru, Sheila Pratiwi Manajer Regional Mekaar Pekanbaru 1, Ilansyah selaku Manajer Regional Mekaar Pekanbaru 2, Yossi Febri Sari Manajer Regional Mekaar Pekanbaru 3 serta Verawati selaku Manajer Supporting PNM Cabang Pekanbaru.

Sementara yang menjadi narasumber yaitu Shafa Artha Nabila dari KDM serta Ajeng Saskitasari dari Rahasia Gadis.

Hingga 24 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 153,60 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,15 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.509 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 kecamatan.