Menteri PPPA RI luncurkan desa ramah perempuan dan anak di Inhu

id Rengat,Indragiri Hulu

Menteri PPPA RI luncurkan desa ramah perempuan dan anak di Inhu

Menteri PPPA RI saat kunker ke Inhu. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati meluncurkan dua desa ramah perempuan dan anak di Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis siang.

Indragiri Hulu terpilih menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang lolos seleksi menjadi percontohan program secara nasional.

Dua desa tersebut adalah Desa Batu Gajah di Kecamatan Pasir Penyu dan DesaJapuradi Kecamatan Lirik yang sebelumnya memenuhi kriteria.

Kriteria paling utama adalah kabupaten dan desa yang dipimpin oleh perempuan, serta sangat peduli dengan pemberdayaan, perlindungan hak perempuan dan anak.

"Oleh karena, dua desa itu yang terpilih maka harus tetap dipertahankan ke depannya," kata Menteri.

Pada kesempatan itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi mengatakan masyarakat dan pihak lainnya sangat bangga adanya peluncuran desa ramah perempuan dan anak tersebut.

"Bahkan, dengan dipercayanya dua desa menjadi percontohan akan berdampak positif bagi desa lain di Indragiri Hulu ataupun daerah lainnya di Indonesia," ujarnya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Inhu, lanjutnya, penghargaan desa ramah anak dan perempuan level nindia yang dinobatkan di Inhu adalah hasil perjuangan bersama.

Sebagai kepala daerah,Rezitajuga menyampaikan terima kasih kepada Provinsi Riau, Pemerintah Pusat dan Kementerian PPPA RI atas penghargaan tersebut.