14 Negara Akan Hadiri Konfrensi Imam Sedunia di Riau

id 14, negara akan, hadiri konfrensi, imam sedunia, di riau

 14 Negara Akan Hadiri Konfrensi Imam Sedunia di Riau

Pekanbaru, 1/12 (Antara) - 14 negara dari 20 negara yang diundang akan menghadiri Konferensi Imam sedunia yang bertujuan untuk membentuk majlis imam se-dunia.

"Konferensi imam ini merupakan rangkaian dari Islamic Solidarity Games Juni 2013 lalu, namun baru bisa kita laksanakan tiga hingga enam Desember di Hotel Arya Duta, Pekanbaru" ungkap Ketua panitia konferensi Iman se-Dunia, Tengku Dahril dalam jumpa pers di Pekanbaru, Minggu.

Adapun empat negara yang menyatakan tidak hadir, antara lain Arab Saudi dan Australia. " Arab Saudi sudah kita upayakan untuk hadir, namun Imam besar mereka tidak mendapat izin oleh pihak kerajaan, sedangkan Australia disebabkan hubungan antara Australia dan Indonesia terganggu karena kasus penyadapan," jelasnya.

Tengku Dahril yang juga Kepala Balitbang Provinsi Riau ini menyebutkan ke-14 negara tersebut antara lain, Irak, Rusia, Kuwait, Afrika Selatan, Pakistan, Tunisia, Kuba, Palestina, Sinegal, Singapura, Brunai Darussalam, Malaysia, Perancis dan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Sedangkan untuk Indonesia akan dihadiri Imam dari Jakarta, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, seluruh provinsi di Sumatera dan seluruh kabupaten di Provinsi Riau," rincinya.

Konferensi ini, menurut Tengku Dahril mengangkat tema tentang peran imam dalam peradaban. "Peran imam sangat strategis dalam membangun peradaban melalui mesjid dan melalui majlis imam yang akan dibentuk nantinya memiliki struktur lembaga keimaman, sekretariat dan dewan pertimbangan majlis," katanya.

Diharapkan, lanjutnya markas besar dari majlis ini akan berada di Pekanbaru. "Ini merupakan tonggak sejarah bagi Provinsi Riau khususnya dalam melaksanakan pembentukan majlis imam se-dunia dan diharapkan pula menjadi pusat peradaban," ulasnya.

Sempena pelaksanaan konferensi imam se-dunia ini, panitia akan melaksanaka shalat tahajud selama sebulan penuh yang akan dipimpin oleh imam-imam besar yang hadir pada konferensi.

"Untuk itu, untuk masyarakat Pekanbaru, khususnya dan Riau jika ingin ikut beribadah shalat tahajud akan dilaksanaka setiap malam pada pukul 02.00 WIB di Mesjid An Nur Pekanbaru," himbaunya.