Baznas Bengkalis sosialisasi peningkatan kapasitas UPZ

id baznas,Bengkalis,kabupaten,pemkab,Mandau

Baznas Bengkalis sosialisasi peningkatan kapasitas UPZ

Baznas Kabupaten Bengkalis melakukan silaturahmi dan juga sosialisasi Peningkatan Kapasitas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Kantor Camat Mandau. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Dalam rangka terwujudnya pengumpulan dan pendistribusian yang terukur dan terstruktur, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis melakukan Sosialiasi Peningkatan Kapasitas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Kantor Camat Mandau, Selasa.

Wakil Ketua Baznas Bengkalis Hambali mengatakan bahwa filosofi zakat itu adalah di mana harta didapat di situ berzakat, di mana berzakat di situlah disalurkan untuk umat.

"arti penting pembayaran zakat melalui UPZ demi menjaga dan mewujudkan Baznas yang Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI," ujar Hambali.

Ia menambahkan bahwa pihaknya yang memang membidangi pembentukan UPZ di seluruh Kantor Vertikal Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sekolah Dasar, BUMN dan BUMD serta seluruh Masjid dan Mushalla se-Kabupaten Bengkalis.

"Kami akan bergerak cepat dalam sosialisasi zakat demi terwujudnya maksimalisasi pengumpulan Zakat, Infaq, Sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya di Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Ditambahkannya, terkait acuan Syar'i dari berbagai pandangan Ulama fikih. Sehingga zakat yang telah dikumpulkan bisa didistribusikan dan didayagunakan dengan tetap mengacu kepada Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

Camat Mandau Riki Rihardi, yang diwakili Sekcam Yoan Dema menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Bengkalis di wilayahnya.

"Kami siap bekerja sama dalam meningkatkan pengumpulan zakat di Kecamatan Mandau melalui pembentukan UPZ tersebut," ungkapnya.

Dalam kegiatan di lantai dua Kantor Camat Mandau ini juga dilakukan diskusi dan dihadiri oleh berbagai unsur seperti Lurah se-Kecamatan Mandau, Perwakilan KUA Kecamatan Mandau, Ketua DPH LAMR Kec. Mandau, Polsek Mandau, Perwakilan Pengurus Masjid Arafah Duri dan Perwakilan beberaa Pengurus Masjid dan Mushalla di Kec. Mandau.

Selain itu, Baznas Kabupaten Bengkalis juga melakukan audiensi bersama PT. Pertamina Hulu Riau (PHR) sesuai kewenangan Baznas Bengkalis yang tertuang di dalam Perbaznas No. 2 Tahun 2016. Pihak PT. PHR juga menyambut baik upaya ini demi terwujudnya pengumpulan dan pendistribusian yang terukur dan terstruktur.

Rangkaian roadshow Pimpinan dan Staf Baznas Bengkalis ini juga diikuti dengan Pendistribusian kepada mustahik untuk biaya pengobatan atas nama Reni Dewita jalan Asrama Tri Brata Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau dan diakhiri dengan penyerahan SK UPZ di RSUD Mandau serta berakhir dengan Sosialisasi Zakat, Infaq, Sedekah dan DSKL di KUA Mandau.