Puluhan Ribu Penumpang Masih Padati Bandara Pekanbaru

id puluhan ribu, penumpang masih, padati bandara pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Puluhan ribu penumpang pesawat kedatangan maupun keberangkatan masih memadati Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru Provinsi Riau, Kamis (15/8).

"Rinciannya menurut laporan data Posko Lebaran 2013, untuk kedatangan ada sebanyak 41 pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 5.023 orang," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah tersebut menyisakan sebanyak 22 persen kursi (seat) dari yang tersedia yakni sebanyak 6.440 kursi.

Sementara jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2012), demikian Ibnu, untuk jumlah pesawat meningkat sekitar 20,59 persen, kemudian untuk jumlah penumpang meningkat sekitar 1,60 persen.

Untuk penumpang keberangkatan, kata dia, jumlah pesawat yang terbang ada sebanyak 41 unit dengan jumlah penumpang sekitar 5.520 orang atau meningkat sekitar 2,93 persen dibandingkan tahun 2012.

Kursi yang terpakai menurut Ibnu hanya sekitar 85,25 persen dari yang tersedia yakni sebanyak 6.475 kursi.

"Jika ditotalkan baik itu penumpang pesawat kedatangan maupun keberangkatan, jumlahnya mencapai 10.543 orang. Penumpang keberangkatan lebih banyak dari kedatangan," katanya.

Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, kata Ibnu, jumlah penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru saat "H+6" lebih banyak sekitar 15 persen.

Ibnu memprediksikan peningkatan jumlah penumpang pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru masih akan terjadi pada "H+7" pada Jumat (16/8).