Polda Riau gagalkan peredaran sabu 87 kg dan puluhan ribu ekstasi

id Narkoba di Riau,Narkoba riau

Polda Riau gagalkan peredaran sabu 87 kg dan puluhan ribu ekstasi

Wakapolda Riau dan Wakil Gubenur Riau saat pemusnahan narkoba dari Operasi Antik Lancang Kuning 2023. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam Operasi Antik Lancang Kuning 2023 yang berjalan dua minggu, Polda Riau berhasil menggagalkan 87 kilogram sabu dan 55.452 butir pil ekstasi.

Wakapolda Riau Brigjen Pol Kasihan Rahmadi saat pengungkapan kasus, Kamis, menjelaskan dibandingkan 2022, operasi kali ini mengalami kenaikan mencapai 100 persen.

"Sebelumnya di 2022, diamankan 42 kilogram sabu dan 272 butir ekstasi. Begitu pula tersangka, di 2022 terjaring 320 tersangka, sedangkan tahun ini 435," terang Kasihan kepada awak media di Mapolda Riau.

Diantara 435 tersangka, 37 pelaku dari berbagai usia dipamerkan saat pengungkapan kasus. Lima diantaranya merupakan wanita.

"Menurut analisa kami, dengan adanya peningkatan ini artinya daerah kita makin rawan. Harapan kami kepada masyarakat dan stakeholder kita dapat meningkatkan kesadaran diri untuk saling menjauhi narkotika," lanjutnya.

Menurut Rahmadi, tak dipungkiri letak Riau yang menjadi perbatasan beberapa negara menjadi penyebab tingginya jumlah narkotika yang masuk ke Bumi Lancang Kuning.

Usai pengungkapan kasus, Wakapolda Riau, Kapolresta Pekanbaru dan Forkopimda melakukan pemusnahan puluhan kilogram barang haram tersebut.