Empat kota ini jadi destinasi favorit libur lebaran

id travel,Pariwisata, tren wisata, rekomendasi wisata, oyo

Empat kota ini jadi destinasi favorit libur lebaran

Ilustrasi - Seniman menampilkan pertunjukan Tari Kecak Garuda Wisnu Kencana di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Minggu (26/12/2021). Pertunjukan seni tari kreasi kolaborasi Tari Kecak dengan kesenian Ogoh-Ogoh tersebut ditampilkan sebagai daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi obyek wisata GWK khususnya pada masa liburan akhir tahun. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Jakarta (ANTARA) - Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali menjadi destinasi favorit wisatawan saat libur Idul Fitri dimana early booking booking naik lebih dari 13 persen dibandingkan minggu ketiga April.

“Antusiasme masyarakat untuk mudik dan mudik tahun ini diprediksi tinggi,” kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya, dikutip dari siaran resmi, Senin.

Tren perjalanan dalam momentum libur lebaran tahun ini juga diprediksi akan mengikuti tren tahun 2021. Menurut OYO Travelopedia 2021 yang telah mensurvei dua ribu peserta di berbagai negara, termasuk Indonesia, terdapat tren peningkatan selama tahun 2021 dalam hal perjalanan. ke tempat-tempat tujuan di daerah terpencil, dan dekat dengan nuansa alam, hingga preferensi bepergian dengan kendaraan pribadi atau road -trip. Selain itu ,

lebih

dari sepertiga responden Indonesia menyatakan lebih suka dan lebih suka bepergian dengan mobil atau motor pribadi untuk bepergian melalui jalan darat

.

Diperkirakan juga selama libur Lebaran 2022, hampir 40 persen pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik ke kampung halaman. Dari segi akomodasi, hotel menjadi pilihan utama dibandingkan dengan jenis akomodasi lainnya.

Tren dan preferensi wisatawan di era pandemi yang mulai bergeser ke wisata alternatif, dengan konsep wisata yang lebih ramah terhadap alam dan masyarakat sekitar, juga akan mempengaruhi tren wisata di momentum libur lebaran tahun ini.

“Wisatawan yang datang ke kampung halaman juga diprediksi akan mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat di kota tujuan. Guna mengakomodir tingginya minat wisatawan untuk berlibur di kota tujuan, OYO bersama pemerintah pusat dan daerah telah berkomitmen untuk menjadikan Desa Wisata sebagai destinasi pilihan wisatawan, salah satunya melalui standar kualitas akomodasi di Desa Wisata, dan bisa dengan mudah ditemukan di aplikasi OYO,” ujar Agus.