DPRD Riau Beri "Panggung" Untuk Lima Cagub

id dprd riau, beri panggung, untuk lima cagub

DPRD Riau Beri "Panggung" Untuk Lima Cagub

Pekanbaru, (antarariau.com) - DPRD Provinsi Riau akan memberi "panggung" berupa sidang istimewa bagi lima calon gubernur untuk menyampaikan visi dan misi pada kampanye Pilkada Riau 2013.

"Masing-masing cagub diberi waktu 20 menit untuk pemaparan visi dan misi," kata Sekretaris DPRD Riau Zulkarnain Kadir di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan Sidang Istimewa DPRD Riau itu bakal digelar pada Minggu, 18 Agustus 2013.

"Kenapa Minggu, karena dari KPU Provinsi Riau jadwalnya sudah seperti itu, bertepatan dengan hari pertama masa kampanye," ujarnya.

Masing-masing cagub akan memaparkan visi dan misi mereka diharapan DPRD Riau serta tamu undangan, diantaranya unsur Muspida Riau dan masyarakat umum.

"Kami menyebarkan 700 undangan untuk acara itu," katanya.

Ketua KPU Provinsi Riau, Tengku Edi Sably, mengatakan masa kampanye Pilkada pemilihan Gubernur Riau akan berlangsung mulai tanggal 18 hingga 31 Agustus. KPU juga sudah menetapkan lima zona kampanye yang jadwalnya ditetapkan melalui pencabutan undingan dari tim pemenangan cagub.

"Setelah pemaparan visi dan misi cagub di DPRD Riau, selanjutnya masing-masing cagub diperbolehkan kampanye berupa rapat umum di lima zona yang sudah ditentukan," ujarnya.

Sebanyak lima pasangan Cagub akan saling bersaing pada Pilkada Riau 2013. Pasangan cagub berdasarkan nomor urut pertama antara lain Herman Abdullah-Agus Widayat yang didukung belasan partai nonparlemen, Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (Golkar dan PPP), Lukman Edi-Suryadi Khusaini (PKB dan PDI-P).

Kemudian pasangan Achmad-Masrul Kasmy (Partai Demokrat dan PBR), dan Jon Erizal-Mambang Mit (PAN dan PKS).

Sedangkan, hari pemungutan suara dijadwalkan pada 4 September 2013. Jumlah pemilih berdasarkan DPT pada Pilkada Riau berjumlah 4.000.459 orang.