Razia gabungan Rutan Siak temukan ponsel hingga pisau rakitan

id Razia, Rutan, Siak, benda tajam, ponsel,Rutan siak

Razia gabungan Rutan Siak temukan ponsel hingga pisau rakitan

Tim Rutan kelas IIB Siak memperlihatkan barang hasil razia. (ANTARA/HO-Rutan Siak)

Siak (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura melakukan razia dan penggeledahan gabungan warga binaan pemasyarakatan secara insidentil pada sejumlah kamar dan mengamankan sejumlah barang elektronik dan benda tajam.

Kepala Rutan Klas IIB Siak, Tonggo Butar-Butar usai razia, Kamis sore, mengatakan razia ini dilaksanakan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban dengan sasaran barang terlarang, di antaranya narkotika dan obat-obatan terlarang, telepon seluler, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya.

"Barang hasil razia atau penggeledahan gabungan diinventarisir dan didata lalu diamankan untuk dimusnahkan," kata Tonggo yang langsung memimpin razia tersebut.

Hasil razia mendadak ini, petugas menemukan beberapa barang terlarang elektronik ponsel dan hands free masing-masing dua unit dan satu power bank dan kabel data. Selanjutnya benda tajam ditemukan pisau rakitan dan besi panjang masing-masing satu unit. Lalu ada juga empat pisau cukur serta kartu remi satu pak.

Razia gabungan ini dilakukan dari Rutan Siak dengan jumlah 45 personil. Kemudian dari Komando Distrik Militer 0322/Siak dua personil dan dari Kepolisian Resor Siak 40 personil.

"Kami selanjutnya melaporkan pelaksanaan penggeledahan rutin kepada Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Riau dan Kepala Divisi Pemasyarakatan. Dan pelaksanaan penggeledahan berjalan aman, tertib dan lancar serta tetap menjaga protokol kesehatan," lanjut Karutan.

Dijelaskan Tonggo, yang menjadi atensi pihak Rutan adalah ponsel karena alat komunikasi itu bisa menjadi pemicu bermulanya semua tindak kejahatan di Rutan, termasuk penyelundupan narkoba. Namun pada razia ini pihaknya tidak menemukan adanya narkoba.