Gubri dan Danrem luncurkan program ketahanan pangan 1000 hektare di Kampar

id Ketahanan pangan

Gubri dan Danrem luncurkan program ketahanan pangan 1000 hektare di Kampar

Gubri Syamsuar bersama Danrem 132/WB Brigjen Inf Parlindungan Hutagalung saat berkegiatan. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar bersama Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI (Inf)Parlindungan Hutagalung meluncurkan program ketahanan pangan 1000 hektare Korem 031/Wira Bima dengan Dinas Pertanian se-Provinsi Riau

Peluncuran itu dilaksanakan secara virtual bersama seluruh Kodim yang ada di wilayah Korem 031/WB di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Senin.

Gubernur mengapresiasi dan mendukung Korem dan jajaran yang melaksanakan program yang luar biasa tersebut.

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, bahwa saat ini seluruh Provinsi di Indonesia diharapkan terus dapat mengendalikan harga komoditas pangan di daerah apalagi dalam bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, Indeks Ketahanan Pangan di Provinsi Riau saat ini saat ini mencapai 66,84 persen, sejalan dengan kekurangan kebutuhan jagung daerah Sumatra Barat setiap saat untuk ternak sapi maka hal ini sejalan program yang dilaksanakan jajaran Korem saat ini yang bisa dikolaborasikan dengan baik.

Kepala Dinas Pertanian Nur Ilahi Ali mewakili Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyampaikan apresiasi dan dukungan atas program tersebut.

Dimana hal ini juga jelas akan menjadi motivasi bagi masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Kampar sebab, program ini dipusatkan di Kampar tepatnya di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung.

Sementara itu Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI (Inf)Parlindungan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa lahan yang dikeloladalam program tersebut lebih kurang 1006,5 hektar yang tersebar diseluruh Kodim jajaran Korem 031/WB.

Adapun jenis tanaman yang ditanam di masing-masing Kodim adalah tanamanJagung tahap 1 seluas 131 ha, Ubi seluas 31,5 ha, Padi seluas 828 ha, Nenas 15 ha serta tanaman Semangka seluas 1 hektar. Dengan jumlah tersebut akan dikelola oleh54 Poktan, dengan anggota Poktan sebanyak 1128 orang serta PPL sebanyak 29.