Peluncuran Pemilu 2024, Polres Meranti siap amankan semua tahapan

id Launching pemilu 2024,KPU Meranti,Polres Meranti,Kpu riau

Peluncuran Pemilu 2024, Polres Meranti siap amankan semua tahapan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Polres Kepulauan Meranti dan pihak terkait lainnya saat Launching hari Pemilu secara virtual yang digelar KPU RI, Senin (15/2) malam. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin malam, resmi meluncurkan hari Pemilu serentak tahun 2024 secara live streaming dengan seluruh KPU di Indonesia.

Pelaksanaan Pemilu serentak tersebut berdasarkan surat KPU RI Nomor 21/2021 yang menetapkan pada Rabu, 14 Februari 2024 adalah hari dan tanggal dilaksanakan pemungutan suara.

Atas penetapan itu, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengatakan pihaknya selaku penyelenggara tentunya tidak dapat melaksanakan Pemilu serentak secara sendirian saja. Namun, diperlukan peran serta dari instansi terkait untuk dapat menyukseskannya.

"Kami tidak bisa bekerja sendirian. Tentu harus dengan sinergitas bersama Pemda, Bawaslu, TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya. Di samping partisipasi dari masyarakat selaku pengguna hak suara," ungkap Abu Hamid dalam sambutannya usai menyaksikan live streaming KPU RI, di Aula Kantor KPUD Kepulauan Meranti bersama unsur Forkopimda.

Sementara Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG dalam mengaku siap mengamankan setiap tahapan suksesnya Pemilu serentak pada 2024.

"Walaupun akan dilaksanakan dua tahun lagi. Namun perlunya persiapan-persiapan yang matang agar tidak terjadinya gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Kemudian Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Asmar meminta segenap jajarannya untuk bersinergi menyukseskan Pemilu serentak nanti.

"Pemilu yang kita nilai sukses adalah terciptanya pemilihan yang tidak menimbulkan keributan, baik dari calon, pendukung calon, ataupun partai politik pengusung maupun pendukung calon. Dengan begitu, maka terciptalah Pemilu aman, damai, dan sukses," ucapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, Wakil Ketua DPRD Iskandar Budiman, Danramil 02/Tebingtinggi Mayor Suratno, Danposal Selatpanjang Letda Laut (P)Jerry Hendra, para komisioner KPUD dan pengurus Parpol se-Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui, launching dimaksudkan sebagai informasi kepada masyarakat dan stakeholder terkait, sehingga dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu nantinya dimana, tahapannya akan dimulai pada Juni 2022.

KPU sendiri akan terus berinovasi dan mengembangkan diri, menyiapkan SDM serta regulasi-regulasi dalam melaksanakan Pemilu serentak pada 2024 mendatang.