Band rock asal Inggris The Who akan konser di Cincinnati, Amerika Serikat

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Band rock

Band rock asal Inggris The Who akan konser di Cincinnati, Amerika Serikat

(Dari kiri ke kanan) Roger Daltrey dan Pete Townshend saat tampil di Houston, Texas, Amerika Serikat pada September. (ANTARA/Suzanne Cordeiro/Agence France-Presse/Getty Images)

Jakarta (ANTARA) - Band rock asal Inggris The Who akan tampil dalam konser pertama mereka di Cincinnati, Amerika Serikat, dalam lebih dari empat dekade, setelah tragedi konser yang menewaskan 11 orang terjadi pada 1979.

The Who akan tampil di TQL Stadium pada 15 Mei, menurut laporan WCPO-TV pada Senin (7/2) waktu setempat. Kembalinya band ini awalnya direncanakan pada April 2020 tampil di BB&T Arena, Kentucky, tetapi harus ditunda karena pandemi virus corona.

"Kami sekarang bermain di tempat yang lebih besar, yang jelas akan meningkatkan pendapatan,” kata vokalis Roger Daltrey, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Rabu.

Baca juga: Royal Mail buat prangko khusus band rock legendaris The Rolling Stones

Usai tragedi itu, The Who selama bertahun-tahun mendukung beasiswa di daerah pinggiran Cincinnati, tempat di mana tiga korban bersekolah.

"Saya sangat senang dengan fakta bahwa kami meninggalkan warisan untuk Cincinnati,” tutur Daltrey mengenai beasiswa tersebut.

Dalam film dokumenter "The Who: The Night that Changed Rock" (2019), band legendaris itu mengatakan kesempatan untuk tampil dalam konser di Cincinnati lagi akan menjadi kesempatan yang menggembirakan bagi mereka. Kesempatan itu juga menjadi upaya untuk menyembuhkan luka.

Baca juga: Setelah BTS, giliran Selena Gomez digandeng band rock Coldplay untuk lagu baru

Tragedi yang terjadi pada 3 Desember 1979 juga menyebabkan lebih dari 20 orang lainnya terluka.

Para penonton saat itu dilanda kebingungan dan pihak penyelenggara kurang persiapan ketika ribuan penggemar antre berjam-jam untuk mendapatkan kursi di konser yang berlangsung di Riverfront Colosseum itu.

Band yang pertama kali dibentuk pada 1964 itu dianggap sebagai salah satu band rock paling berpengaruh di abad ke-20.

The Who telah menelurkan berbagai karya terkenal, termasuk single pertamanya "I Can't Explain" (1965), "My Generation" (1965), "Substitute" (1966) dan “Happy Jack” (1966).

Baca juga: Konser band asal Jepang ONE OK ROCK di Jakarta resmi ditunda