Bapilu Golkar Riau: Ubah strategi kampanye garap suara milenial

id Rumpi Politik, Bapilu Golkar Riau, AMPG, Milenial,Gilkat riau

Bapilu Golkar Riau: Ubah strategi kampanye garap suara milenial

Rumpi Politik Bapilu Golkar Riau angkat tema Partai Politik, Milenial dan Pop Culture. (ANTARA/Diana S).

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Riau berkolaborasi dengan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) kembali membuka ruang diskusi, Rumpi politik (Rumpol) sesi III yang bertajukPartai Politik, Kaum Milenial dan Pop Culture, di Pekanbaru, Sabtu.

Giat itu dihadiri narasumber dari berbagai latarbelakang profesi di antaranya Anggota DPRD Riau Yanti Komalasari, Akedemisi Dr. Dadang Syarif, People Development Expert Khairul Anwar, Standup Comedy, Faqih Okta Maulana.

Ketua Bapilu Golkar Riau Zulfan Heri kepada ANTARA mengatakan sesi Rumpi politik kali ini sangat menarik untuk dikupas. Yakni soal gelombang teknologi yang sangat luar biasa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk perpolitikan. Partai politik harus mampu beradaptasi dengan melakukan rekonstruksi strategi kampanye melalui platform media sosial.

"Perkembangan teknologi ke depan mendorong partai politik melakukan rekonstruksi. Kita harus merubah strategi kampanye politik yang dulunya lebih banyak berorientasi pada konvensional. Sekarang harus kampanye digital sehingga peran medsos jadi penting," kata dia Zulfan Heri.

Kata dia, mayoritas masyarakat berinteraksi digital melalui sosial media. Kaum milenial sebagai pengguna aktif sosial media, memiliki peranan besar sebagai penentu keberhasilan pemilu tahun mendatang. Makanya partai Golkar harus serius menggarap suara dari kelompok ini.

"Paling tidak ini membangun sebuah tren positif bagaimana Partai Golkar serius melihat komunitas milenial ini sebagai pemilih pemula. Kita harus masuk wilayah itu. Kita tidak bisa hanya berwacana. Harus ada kerja kongkret," kata dia.

Dari diskusi tersebut disarankan agar media sosial partai politik menyajikan konten-konten politik yang edukatif, menarik dan solutif.

"Teknologi memiliki kekuatan yang luar biasa. Mau tidak mau Partai Politik harus menyesuaikan. Jadi pemilih pemula ini sebagai penentu keberhasilan Pemilu mendatang yang akan mewarnai corak politik Indonesia ke depan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua AMPG Riau, Pahrijal mengatakan kegiatan Rumpi Politik dapat menjadi wadah untuk mendapatkan informasi dan persepsi publik khususnya dari kacamata milenial.

"Kita tentu ingin tahu bagaimana persepsi milenial tentang partai politik. Makanya tematik Rumpol yang kita angkat soal Parpol, milenial dan pop culture. Diharapkan ada kerja-kerja politik yang intens untuk meraup dukungan milenial ini," kata dia.