INKA dukung pembangunan kereta gantung di Pagar Alam Sumsel, sebagai sarana wisata

id INKA,PT INKA,INKA Madiun,INKA dukung pengembangan kereta gantung,kota pagar alam,madiun, jatim,pagar alam sumsel

INKA dukung pembangunan kereta gantung di Pagar Alam Sumsel, sebagai sarana wisata

Perwakilan PT INKA (Persero) melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam, Sumatera Selatan dalam rangka mendukung pembangunan kereta gantung (cable car) sebagai sarana di area wisata perkebunan teh di Gunung Dempo. ANTARA/HO-Humas PT INKA

Madiun (ANTARA) - PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) mendukung proyek pembangunan kereta gantung (cable car) yang dikembangkan Pemerintah Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Senior Manager Departemen Pengembangan Bisnis INKAApoleus Karo Karo mengatakan pembangunan kereta gantung di Kota Pagar Alam adalah untuk mendukung sarana di area wisata perkebunan teh di Gunung Dempo.

"Di mana dukungan PT INKA (Persero) adalah akan melakukan studi kelayakan dari sistem transportasi tersebut," ujarnya dalam keterangannya di Madiun, Rabu.

Guna mewujudkan dukungan pembangunan kereta gantung tersebut, perwakilan PT INKA (Persero) telah melakukan kunjungan ke kantor Pemerintah Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan bahwa transportasi wisata kereta gantung merupakan alat transportasi berbasis kabel. Dimana ruang kabin yang biasa disebut gondola diangkut di atas tanah dengan menggunakan satu kabel atau lebih.

Model transportasi tersebut jamak diaplikasikan di area pegunungan, pusat tambang, dan area wisata untuk kepentingan penghubung satu titik objek dengan objek lain.

"Untuk jenis kabin biasanya menggunakan gondola berkapasitas 4 sampai 12 penumpang. Kereta gantung nantinya dapat digunakan untuk menikmati pemandangan ke segala arah," jelas Apoleous.

Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni mengatakan bahwa kehadiran jajaran PT INKA (Persero) ke Pagar Alam meningkatkan rasa optimistis pihaknya untuk dapat merealisasikan rencana pembangunan kereta kabel pertama di Sumatera Selatan tersebut.

"Jika pembangunan kereta gantung dapat terealisasi, tentunya akan sejalan dengan visi Kota Pagar Alam yang terus berkomitmen sebagai kota kunjungan wisata terdepan di Sumatera Selatan," kata Wali Kota Alpian.