Bank Nagari salurkan kredit "Program Marandang" hingga Rp6 miliar

id berita padang,berita sumbar,bn

Bank Nagari salurkan kredit "Program Marandang" hingga Rp6 miliar

Kantor Bank Nagari Cabang Utama Padang. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari telah menyalurkan Pembiayaan atau Kredit Marandang (Melawan Rentenir di Ranah Minang) sebesar Rp6,047 miliar kepada 623 orang nasabah.

Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari Gusti Candra di Padang, Selasa, mengatakan target penyaluran Program Marandang di 2021 sebesar Rp5 miliar namun hingga akhir tahun, realisasi penyaluran telah melebihi target yang ditetapkan.

"Berdasarkan evaluasi, penyaluran ini sesuai yang direncanakan. Program Marandang disambut baik oleh masyarakat dan didukung oleh stakeholder terutama Pemerintah Daerah," ucapnya.

Ia mengatakan sejauh ini tidak ada kendala terkait penyaluran program tersebut dan para nasabah yang mendapat program itu merasa bersyukur karena dapat dibebaskan dari rentenir yang sangat mencekik mereka selama ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk meningkatkan penyaluran masih perlu ditingkatkan sinergi dan komitmen dari semua pihak yang berkepentingan untuk membantu mengurangi jeratan rentenir kepada pelaku usaha mikro supaya tepat sasaran.

Program Marandang ini bagian dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro yang ditujukan guna mengatasi rentenir di daerah Minang.

Pinjaman kredit pada KUR Super Mikro ini berbentuk Konvensional dan Syariah dengan plafond sampai dengan Rp10 juta.

Keuntungan mendapatkan kredit ini yaitu suku bunganya hanya 6 persen per tahun dan jangka waktu sampai dengan 36 bulan.

Kemudian, sistem bunga sliding harian, dengan biaya administrasi yang ringan serta proses pengurusan yang cepat dan mudah.

Untuk persyaratan kredit, calon nasabah perlu membawa Surat Keterangan Usaha atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), pas foto suami istri 4x6, foto copy KTP, Kartu Keluarga dan Surat Nikah suami istri.