BMKG IV petakan wilayah potensi bencana, terkait prediksi potensi Lanina

id BPBD Sulsel,BMKG Wlayah IV Makassar,La Nia,wilayah berpotensi alami bencana

BMKG IV petakan wilayah potensi bencana, terkait prediksi potensi Lanina

Ilustrasi - Kondisi cuaca buruk sebagai dampak dari anomali iklim yang terjadi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. ANTARA/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Wilayah IV Makassar memetakan wilayah yang berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi, setelah muncul prediksi potensi La Nina pada Desember 2021 hingga Februari 2022 dengan curah hujan yang tinggi.

"Bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung dan lainnya dari hasil pemetaan itu cenderung merata di Sulawesi Selatan," kata Prakirawan BMKG wilayah IV, Siswanto di Makassar, Ahad.

Dia mengatakan bencana hidrometeorologi itu karena dipicu anomali iklim global sehingga La Nina melanda yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi.

Sementara dari hasil pemetaan BMKG Wilayah IV Makassar diketahui, wilayah berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi adalah Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Takalar dan Jeneponto.

Karena itu, perlu mewaspadai dan melakukan kesiapsiagaan di lapangan, terutama yang berada di wilayah utara Sulsel seperti Luwu Utara yang tahun lalu dilanda banjir dan longsor.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Sub Bagian Program BPBD Sulsel, Warham Yusni.

Bentuk persiapan itu telah dilakukan dengan apel siaga di masing-masing daerah yang rawan bencana saat memasuki musim hujan pada Desember 2021.

Menurut Warham, apel siaga yang digelar beberapa waktu lalu itu sekaligus untuk mengetahui kondisi peralatan dan persediaan logistik.*

Ilustrasi - Kondisi cuaca buruk sebagai dampak dari anomali iklim yang terjadi di Pantai Tope Jawa, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Antara/ Suriani Mappong