Ketua MPR Bambang Soesatyo dijadwalkan buka kongres Pemuda Asia Afrika

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,MPR

Ketua MPR Bambang Soesatyo dijadwalkan buka kongres Pemuda Asia Afrika

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (tengah), menerima kunjungan panitia kongres Pemuda Asia Afrika atau Asian African Youth Government (AAYG) yang bakal diadakan 16-19 Desember 2021 di Bandung. (ANTARA/HO-Panitia AAYG)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, dijadwalkan membuka langsung kongres Pemuda Asia Afrika atau Asian African Youth Government (AAYG) yang bakal digelar 16-19 Desember 2021 di Bandung, Jawa Barat.

"Saya mengapresiasi terselenggaranya Kongres II Pemuda Asia Afrika. Saya akan hadir dan membuka acara secara virtual," kata dia, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Melalui kongres II Pemuda Asia Afrika itu, dia yang pernah menjadi ketua DPR menggantikan Setya Novanto itu berharap penyelenggaraan AAYG menghasilkan kesepakatan-kesepakatan baik.

Sementara itu, Presiden Pemuda Asia Afrika, Beni Pramula, mengatakan, AAYG akan menginternalisasi pancasila dalam upaya menciptakan perdamaian. Pancasila diyakini bisa menjadi jalan tengah terkait konflik di kawasan Asia-Afrika.

"Oleh karena itu, kami ingin menghimpun potensi terbaik pemuda di kawasan Asia Afrika agar menjadi energi kebaikan bagi negaranya masing-masing," kata dia.

Senada dengan itu, Ketua Panitia, R Saddam Al Jihad, mengatakan, kegiatan yang digelar di Bandung tersebut akan membahas tiga tema besar dan berharap melahirkan perspektif baru.

Para peserta yang hadir akan membahas tiga isu besar yakni kepemimpinan, kewirausahaan dan kemanusiaan. Harapannya, peserta AAYG mendapatkan perspektif baru sehingga bisa membawa nilai yang baik untuk negaranya.

Kongres II AAYG di Bandung, Jawa Barat akan mengusung tema "The notion of Asian African Youth for the World’s Collaboration on COVID-19 and Beyond".