Pemkab Indragiri Hulu Salurkan 2.000 Ekor Sapi

id pemkab indragiri, hulu salurkan, 2000 ekor sapi

Rengat, (antarariau.com) - Pemkab Indragiri Hulu, Provinsi Riau akan menyalurkan sebanyak 2.000 ekor sapi kepada kelompok tani setempat dalam meningkatkan populasi ternak milik mereka serta pendapatan.

"Kita harapkan bantuan sapi dengan sistem bergulir tersebut dipelihara dengan baik hingga berkembang dan tujuan pemberian bantuan bisa tercapai," kata Kabid Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Inhu Jebol Suharto di Rengat, Kamis.

Sumber dana pengadaan sapi itu berasal dari APBD dan dibagikan kepada kelompok tani di 14 kecamatan.

Dikatakan, peternak di Inhu sebagian menjadikan usaha peternakan sebagai usaha sampingan diluar sawah dan kebun sawit, meskipun demikian bila program ini berjalan sukses manfaatnya akan sangat dirasakan dalam meningkatkan ekonomi mereka.

Untuk mendapatkan bantuan sapi tersebut petani melalui kelompok ternak harus mengajukan permohonan dan setelah itu diseleksi oleh tim.

Terkait pengadaan sapi itu, pihaknya akan melakukan pelelangan dalam waktu dekat usai dana APBD direalisasikan.

Pihak Dinas Peternakan juga akan melakukan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik untuk meningkatkan kualitas ternak serta populasinya karena masa berahi sapi waktunya cukup singkat.

"Untuk kawin suntik itu kita akan bekerjasama dengan Balai benih Peternakan Bogor dan Padang. Dengan cara ini populasi ternak meningkat dan kualitasnya juga tambah bagus," ujarnya.

Kepala BP4KKB Kabupaten Indragiri Hulu Agusrianto menyatakan, untuk mencapai program Pemkab Inhu menjadi daerah swasembada daging 2014 akan dilakukan pendataan ternak.

Pihaknya juga akan melakukan inventarisasi lahan atau tempat untuk dijadikan lokasi peternakan, sehingga tidak terjadi perselisihan dan persengketaan.

Populasi ternak di Inhu diperkirakan baru berjumlah belasan ribu ekor terbanyak berupa sapi, diikuti kerbau dan kambing.